6 Cara Ampuh Mengatasi Dak Rumah Yang Bocor

6 Cara Ampuh Mengatasi Dak Rumah Yang Bocor
Bagi anda yang meiliki rumah dengan desain minimalis tentu atap dak beton menjadi pilihan yang cocok untuk rumah anda. Meski tak secara keseluruhan bagian atas rumah menggunakan ini, namun dak beton sering digunakan pada bagian teras rumah. Desain atap yang datar juga sering digunakan untuk membangun beberapa gedung, ruko, hingga taman. Dak beton memberikan kesan rumah minimalis, elegan, dan sederhana. Maka tak heran jika banyak orang yang tertarik dengan desain atap yang satu ini. Namun selayaknya atap rumah yang lain, dak beton juga rentan mengalami kebocoran.
Sebenarnya banyak faktor yang menyebabkan atap dak beton rumah anda mengalami kebocoran. Air yang merembes bukan hanya menimbulkan kebocoran dalam ruangan saja, namun juga mengakibatkan munculnya jamur, dan warna cat menjadi rusak. Sebelum musim penghujan datang, alangkah baiknya anda melakukan beberapa pencegahan.
Penyebab kebocoran dan bahan-bahan yang harus disiapkan
Sebelumnya anda harus mengetahui ada banyak faktor yang menyebabkan atap rumah bocor, antara lain perubahan suhu, anda kurang melakukan perawatan secara rutin, masalah dengan lapisan kedap air, terjadi pergerakan yang memicu retakan, hingga dak beton yang kurang tebal.
Setelah anda memahami penyebab yang mungkin terjadi di rumah anda, sebaiknya anda segera melakukan perbaikan. Namun ada beberapa peralatan yang harus anda siapkan terebih dahulu yaitu:
– Sement
– Waterproof
– Kuas
– Sikat
– Cat
– Alat untuk mencongkel, misal: mesin pemotong keramik
Cara mengatasi kebocoran pada atap dak beton
Beriku ini merupakan cara ampuh untuk mengatasi kebocoran pada atap Dak beton di rumah anda, antara lain :
1. Mencari letak kebocoran
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah cari titik kebocorannya. Anda bisa melihat dari retakan atau lubang yang ada di bagian atap rumah. Jika anda berhasil menemukannya, maka berilah tanda dengan menggunakan pensil atau kapur. Tujuannya agar anda mudah mengenali tanda itu kembali.
2. Membersihkan retakan
Biasanya bagian atap yang retak atau lubang bocor akan dipenuhi dengan kotoran hingga jamur. Sebelum anda melakukan penambalan. Maka bersihkan bagian tersebut terlebih dahulu, gunakanlah sikat yang telah anda siapkan sebelumnya. kemudian bilas dengan menggunakan air bersih dan lap kembali dengan alat pembersih rumah atau kain bekas yang kering.
3. Membuat adonan semen
Setelah bagian atap yang retak atau berlubang telah bersih, maka tahap selanjutnya adalah pembuatan adonan semen. Buatlah adonan semen yang sesuai dengan ukuran titik kebocoran tersebut. Jika terlihat besar maka buatlah sedikit lebih banyak. Namun jika anda merasa kecil buatlah lebih sedikit.
4. Masukan adonan semen ke titik kebocoran
Setelah adonan semen yang anda buat jadi, masukan ke dalam bagian lubang atau retakan atap. Usahakan anda menambalnya hingga terasa padat, sehingga lubang atau retakan benar-benar tertutup.
5. Melapisi bagian tambalan dengan waterproof
Setelah proses tambalan selesai. Jangan lupa untuk mengoleskan lapisan waterproof pada bagian atap tersebut. Adanya waterproof akan melindungi atap dari air hujan dan merembes masuk dalam rumah.
6. Proses finishing
Yang terakhir tunggulah adonan sampai kering, usahakan anda melindungi bagian tersebut agar tidak terkena air. Anda bisa menutupinya dengan plastik, atau bahan lain yang tahan air. Setelah anda melaukan 6 tahap ini maka atap rumah akan kembali membaik seperti sebelumnya.
Bagaimana dengan informasi diatas? Semoga anda dapat mempraktekannya di rumah!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *