Tembok Rumah Bocor Rembes

Penyebab dan Solusi Dinding Bocor

Salah satu bagian terpenting dalam  sebuah bangunan adalah dinding. Dinding merupakan bagian yang berguna untuk menyekat atau pemisah antara ruangan satu dengan ruangan lainnya, selain itu juga dinding berfungsi sebagai pemisah antara area luar dan dalam bangunan. Tak hanya atap saja yang mengalami kebocoran, dinding juga bisa mengalami kebocoran.

Biasanya kebocoran seringkali terjadi pada dinding yang menjadi pemisah bagian luar dan bagian dalam bangunan. Kebocoran pada dinding luar dapat menimbulkan adanya jamur yang dapat menimbulkan bau yang tidak sehat dan mengganggu kesehatan karena kondisi ruangan yang lembab. Selain itu juga kebocoran dinding dapat menyebabkan terkelupasnya cat dan membuat dinding menjadi tidak enak dipandang.

Cara untuk memperbaiki kebocoran pada dinding pastinya perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Sebab, penyebab kebocoran berbeda-beda begitupula dengan cara memperbaikinya. Sebaik apapun desain rumah Anda, akan disayangkan apabila terdapat kebocoran pada dinding. Selain dapat merusak estetika bangunan, kebocoran dinding juga akan merusak bangunan secara perlahan-lahan. Berikut ini terdapat beberapa penyebab serta solusi memperbaikinya:

  1. Kebocoran dinding bisa disebabkan oleh belum terdapatnya plesteran pada dinding bagian luar. Belum terplesternya dinding bagian luar dapat membuat air hujan langsung merembes ke dalam dinding. Intensitas hujan yang sering datang pada musim penghujan akan dengan cepat membuat kebocoran pada dinding bagian dalam.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kebocoran dinding dengan cara segera memplester dinding bagian luar dulu. Yang harus diperhatikan adalah teknik plesteran yang tepat sehingga air tidak merembes melalui pori-pori dinding yang tidak rapat. Setelah selesai memplester dinding bagian luar, kemudian Anda juga perlu melihat kembali dinding bagian dalam. Apabila sudah terdapat jamur, bersihkan dan kemudian di mengaci beserta cat, kemudian di amplas.

  1. Aliran hujan bisa menjadi salah satu penyebab kebocoran pada dinding. Aliran air yang merembes pada dinding biasanya berasal dari talang air atau dag beton yang bocor, sehingga hal tersebut dapat menyebabkan air memasuki dinding.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara mencari sumber kebocoran terlebih dahulu. Contohnya pada atap dag beton maka haru dilakukan penambalan dengan aci atau semen.

  1. Dinding bocor juga bisa disebabkan oleh rembesan yang berasal darikamar mandi. Kamar mandi yang baik biasanya menggunakan trasram atau semen yang dicampur dengan pasir dengan perbandingan 1:2. Sehingga, anda perlu menambahkan transram pada kamar mandi untuk menghindari kebocoran dinding.

Naiknya air permukaan tanah juga bisa menyebabkan kebocoran dinding bagian bawah hingga 1 m dari lantai. Pada kasus ini, kondisi tidak dapat dihindari pada daerah yang sering mengalami kenaikan permukaan air. Yang bisa dilakukan adalah dengan mengecek kembali pleteran dinding bagian bawah. Pleteran yang buruk dapat memudahkan air untu naik melalui celah-celah kapiler pada dinding. Sehingga meningkatkan kualitas plesteran dengan campuran semen dan pasir 1:2, setelah kering lanjutkan dengan acian pada dinding.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *