Tembok Rumah Bocor Rembes

Atasi Tembok Bocor Karena Rembes Air

Tembok rumah punya peranan cukup penting. Bagian rumah ini punya tugas utama yaitu melindungi penghuni rumah dari berbagai gangguan yang berasal dari rumah. Kebocoran pada tembok merupakan salah satu tanda bahwa gangguan dari luar dapat masuk. Gangguan tersebut berupa air yang masuk kedalam rumah.

Tentunya ini membuat penghuni tidak nyaman karena dapat menyebabkan beberapa masalah timbul, diantaranya :

  1. Apabila tembok terus menerus lembab, maka akan mulai timbul jamur. Jamur ini tentunya akan tidak baik bagi penghuni rumah.
  2. Cat tembok akan bergelembung dan lama kelamaan akan mengelupas. Hal ini selain mengurangi keindahan tempat tinggal Anda, tentu cat yang mengelupas akan membuat kotor rumah.
  3. Tembok akan mengeluarkan bau tak sedap. Tembok bocor tentunya akan menjadi lembab, berakibat pada tumbuhnya jamur dan banyak bakteri yang muncul. Ini kombinasi yang pas untuk menimbulkan bau yang tak sedap dihidung Anda.
  4. Lantai dekat tembok akan menjadi licin. Hal ini akan terjadi apabila kebocoran pada tembok akibat rembes air hujan sudah cukup parah. Hujan deras tentu punya tekanan air yang cukup kuat hingga air yang mengalir dari tembok cukup deras dan akan mengenai lantai.

Banyak penyebab tembok bocor sehingga menyebabkan rembes air hujan. Berikut beberapa penyebab dan cara mengatasinya :

  1. Adanya retak rambut pada tembok. Ini akan menjadi masalah besar apabila retak ini terjadi pada tembok yang berhadapan langsung pada area luar atau area yang lembab seperti kamar mandi.

Apabila hal seperti ini terjadi, maka solusinya adalah Anda dapat mengelupas bagian tembok yang retak. Mencari jalur retak dengan teliti dan seksama. Berikutnya memberi lapisan waterproofing pada tembok. Cara ini sebaiknya Anda lakukan pada kondisi cuaca cerah, selain menghindari dari resiko rembes karena tembok yang sedang terkelupas, waterproofing akan kering sempurna saat cuaca cerah.

  1. Tembok bocor karena adanya aliran air saat hujan. Hal ini sering terjadi karena pemasangan talang atau daag beton yang kurang tepat atau komponen tersebut sudah berumur hingga waktunya perawatan.

Apabila masalah ini terjadi, Anda dapat melakukan pengecekan pada bagian-bagian tersebut dan mengganti bagian mana yang sudah saatnya diremajakan.

  1. Belum diplesternya tembok bagian luar. Beberapa perumahan saat ini sering kali tidak memlester bagian luar tembok guna menghemat biaya pembangunan. Hal ini tentu merugikan penghuni rumah apabila terjadi kebocoran pada tembok.

Apabila masalah kebocoran tembok ini yang terjadi, maka Anda dapat melakukan acian dan plester pada tembok bagian luar tersebut. Lebih baik juga apabila Anda juga melakukan waterproofing sehingga ada perlindungan ekstra dari kebocoran.

  1. Kebocoran tembok akibat kamar mandi. Apabila perlakuan saat pembuatan tembok kamar mandi kurang tepat, biasanya akan terjadi rembesan atau lembab pada bagian tembok sebaliknya karena pada tembok kamar mandi tentu sangat sering terkena air.

Apabila masalah ini terjadi, maka langkah yang perlu Anda lakukan adalah mengelupas lapisan cat dan melakukan plester serta acian ulang pada bagian tembok kamar mandi dan melakukan waterproofing. Setelah ini Anda dapat mengecat ulang.

  1. Tembok rembes akibat naiknya air tanah. Hal ini tentu jarang terduga dan apabila terjadi, air tanah dapat naik hingga setinggi 1 meter.

Apabila hal ini sudah terjadi pada tembok rumah Anda, yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan kualitas plester serta acian. Dan tak lupa mengganti cat yang sudah ada dengan yang kualitasnya lebih baik. Pada tahap pengecatan, Anda mesti mengelupas cat yang lama dan menggantinya dengan metode transcam.

Itu dia beberapa cara mengatasi tembok bocor akibat air rembes. Semoga bermanfaat dan apabila masalah-masalah seperti diatas terjadi, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu pada pihak yang sudah ahli serta berpengalaman dalam mengatasi masalah kebocoran.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *