Solusi Atap Bocor

Cara Mudah Mengatasi Atap Rumah Bocor

Saat musim hujan tiba, atap bocor adalah perhatian utama pemilik rumah. Masalah kebocoran rumah ini sering dianggap hal yang biasa terjadi. Namun, kebocoran ini apabila dibiarkan akan mengakibatkan banyak masalah lain muncul. Apabila hal ini terjadi, tentu akan sangat mengganggu aktifitas serta kenyamanan keluarga Anda.

Besar atau kecilnya atap bocor sebaiknya segera Anda atasi agar tidak semakin menimbulkan masalah bagi rumah dan sulit diatasi. Umur atap yang sudah saatnya diganti, genteng bergeser, kemiringan atap yang kurang, dll seringkali jadi penyebabnya. Sebelum musim hujan tiba, hal-hal seperti ini sebaiknya segera diatasi.

Berikut ini kami akan membahas bagaimana cara mudah mengatasi atap rumah bocor, berikut pembahasannya :

  1. Pembersihan atap rumah dari berbagai sampah.

Kotoran/sampah yang menumpuk diatap seringkali menjadi penyebab terhambatnya aliran air di atap. Biasanya rumah yang memiliki pohon cukup besar mendapat masalah ini. Dedaunan yang rontok seringkali menyumbat saluran air, ini membuat aliran air kurang lancar sehingga bila debit air terlalu besar akan meluap ke bagian lain yang mengakibatkan kebocoran pada rumah.

  1. Pembuatan ventilasi yang cukup untuk atap rumah.

Udara panas yang terus-menerus mengenai bagian atap/genteng akan membuat kualitasnya lebih cepat menurun. Untuk itulah ventilasi perlu dibuat agar aliran udara panas yang menerba bagian atap dan rumah mengalir dengan baik. Tentunya kualitas atap/genteng yang sudah kurang baik akan mudah membuat atap/genteng mudah bergeser yang akibatnya terjadi kebocoran.

  1. Melapisi atap rumah dengan waterproofing.

Segala sesuatu pasti ada yang tak sempurna, begitu juga dengan genteng. Produsen genteng/atap tentu membuat produknya dengan usaha sebaik mungkin. Namun, satu dua kesalahan kadang terjadi. Ini membuat terkadang ada retak kecil atau lubang kecil pada genteng. Anda mungkin sudah menata atap/genteng dengan benar namun, masih saja terjadi kebocoran. Ini bisa disebabkan ada genteng yang cacat produksi, maka yang bisa Anda lakukan adalah melakukan waterproofing pada atap/genteng untuk menghindari atap bocor.

  1. Melakukan perbaikan atau penggantian atap rumah.

Cuaca yang terus berganti bahkan akhir-akhir ini sering tak menentu serta usia atap genteng membuat kualitasnya menurun. Apabila kondisi ini terjadi, maka yang bisa Anda lakukan adalah melakukan penggantiap atap/genteng yang kondisinya sudah tidak layak guna. Upaya-upaya perbaikan kadang tak menghasilkan perubahan pada atap bocor apabila kondisinya sudah parah. Maka solusinya adalah dengan menggantinya.

  1. Melakukan perbaikan pada kemiringan atap.

Tingkat kemiringan atap ini cukup penting karena apabila atap rumah Anda terlalu landai maka air akan sulit mengalir kebawah. Air yang menggenang terlalu lama dibagian atap tentunya sangat berpotensi membuat kebocoran pada hunian Anda. Yang perlu dilakukan pada kondisi seperti ini adalah memperbaiki tingkat kemiringannya dan mengusahakan kemiringan atap 45 derajat keatas.

  1. Memasang karpet talang air anti bocor.

Penggunaan karpet talang air anti bocor merupakan salah satu solusi bagi Anda yang malas dan ingin berhemat dari penggunaan genteng kualitas tinggi yang harganya cukup mahal.

  1. Melakukan perbaikan pipa atau talang air rumah.

Aliran air dari atap yang kurang lancar seringkali menjadi salah satu penyebab kebocoran pada rumah. Untuk itu peran pipa atau talang air menjadi cukup penting agar aliran air dari atap lancar. Yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pembersihan dan perbaikan apabila terjadi kerusakan. Segerakan melakukan perbaikan meskipun kerusakannya dirasa masih ringan. Ini bertujuan agar kerusakan tidak makin parah yang akibatnya biaya perbaikan jadi lebih mahal.

  1. Merombak ulang atap rumah.

Cara ini bisa dibilang alternatif terakhir apabila kebocoran terbilang parah karena atap rumah sudah beberapa kali diperbaiki namun masih saja terjadi kebocoran. Bisa jadi komponen atap yang lain memang sudah tua sehingga ada baiknya atap dirombak secara total agar biaya tak menjadi lebih banyak.

Itu tadi beberapa cara mudah mengatasi atap bocor. Tak lupa selalu kami ingatkan agar selalu menjaga kondisi rumah Anda karena rumah yang nyaman tentu akan membuat penghuninya betah dirumah serta keluarga pun pasti bahagia. Percayakan pula perbaikan atap bocor pada ahlinya agar biaya yang Anda keluarkan jadi lebih hemat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *