Solusi Atap Bocor

Cara Mencegah Kebocoran Atap Rumah

Atap rumah merupakan salah satu hal yang terpenting pada bangunan rumah. Atap berfungsi sebagai pelindung seluruh bangunan rumah dari panas matahari maupun air hujan. Tanpa adanya atap rumah, penghuni yang berada di dalam rumah akan kepanasan dan kehujanan.

Pada musim panas atau musim kemarau, atap bukan menjadi hal yang utama untuk diperhatikan. Namun, bila musim penghujan atap merupakan salah satu bagian rumah yang patut mendapatkan perhatian lebih. Karena atap yang bocor bisa menimbulkan permasalahan yang tidak sepele.

Bisa dibayangkan, kebocoran atap dapat mengganggu saat-saat Anda dan keluarga sedang bercengkrama di tengah hujan yang deras. Selain itu, atap bocor juga bisa membahayakan kelistrikan rumah, jika tidak segera diperbaiki dapat menyebabkan konsleting hingga kebakaran.

Mengatasi kebocoran atap akan dirasa sulit bagi Anda yang tidak memiliki ilmu dasar atau pengalaman terkait pertukangan. Kondisi atap yang tinggi seringkali menyulitkan untuk mencari sumber kebocoran. Oleh karena itu, sebelum terjadi kebocoran ada baiknya ada melakukan tindakan pencegahan. Bagi Anda yang masih awam, berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk melakukan perawatan berkala agar terhindar dari kebocoran :

  1. Atap rumah yang sudah lama ditempati, biasanya akan terdapat banyak kotoran. Kotoran bisa saja bemacam-macam, seperti sampah daun, endapan kotoran seperti pasir serta lumut. Pembersihan secara berkala akan menghindari atap rumah dari keretakan. Selain itu mengecek saluran air juga perlu dilakukan. Saluran air yang lancar akan mempermudah jalannya air yang turun dari atap, sehingga air dapat segera turun ke bawah dengan lancar.
  2. Selalu periksa posisi genteng. Kebocoran bisa jadi disebabkan oleh posisi genteng yang bergeser.
  3. Tak lupa untuk memeriksa kemiringan atap rumah Anda. Genteng berbahan keramik memerlukan kemiringan sudut kurang lebih sebesar 30 derajat dan asbes memerlukan kemiringan sudut sebesar 15 derajat. Jika kemiringan tidak sesuai dengan ukuran maka kemungkinana besar air dengan mudah masuk melalui celah pada atap.
  4. Perhatika kondisi genting. Genting yang sudah using dan rusak sebaiknya segera diganti. Begitu pula dengan atap yang menggunakan asbes maupun seng. Kondisi atap yang baik dapat menghindarkan dari kebocoran.

Tips diatas merupakan cara-cara sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri untuk menghindari terjadinya kebocoran atap rumah. Apabila kebocoran masih tetap terjadi dan semakin parah maka baiknya Anda menghubungi tenaga professional mengetahui penyebab utama kebocoran serta dapat memperbaikinya.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *