Solusi untuk Dinding Tembok Retak

Salah satu penyebab tembok menjadi retak ialah kondisi struktur bangunan yang kurang kuat sehingga mengakibatkan dinding harus menahan rumah yang semestinya ditopang oleh kolom. Selain itu, keretakan tembok juga dapat diakibatkan oleh kualitas pencampuran semen yang dibawah standar. Perbandingan antara campuran matrial pasangan batu bata yang tidak benar dapat menyebabkan tembok menjadi mudah keropos dan keretakan. Terdapat beberapa jenis keretakan pada tembok yang bisa anda identifikasi pada rumah yang masih baru maupun rumah yang sudah lama. Berikut ini adalah dua tipe keretakan tembok:

Retak rambut

Jenis keretakan ini hampir tidak terlihat bila hanya dilihat secara sekilas. Namun bila diperhatikan secara detil retakan jenis ini halus seperti helaian rambut. Dinding yang mengalami keretakan ini tidak terlalu beresiko untuk kedepanya, namun bila anda ingin memperbaikinya anda bisa dengan menyuntikkan bahan epoxy atau urethane.

Retak Menjalar

Apabila di rumah anda menemukan tembok yang memiliki keretakan yang cukup banyak, bercabang hingga menjalar maka ini merupakan salah satu keretakan yang cukup serius. Keretakan ini apabila dibiarkan terus menerus dapat mengakibatkan dinding anda menjadi berlubang bahkan runtuh. Keretakan pada tembok jenis ini sebenarnya dapat anda hindari sedini mungkin. Salah satu cara untuk menanggulanginya yaitu anda bisa memperbaikinya dengan menambal dengan campuran matrial yang baik, plesteran, lalu proses finishing sesuai sisi dinding di sekitarnya

Apabila keretakan sudah terjadi akibat dari kegagalan struktur, maka anda bisa melakukan penguatan pada area struktur pondasi yang lemah seperti penambahan kolom praktik atau mempertebal pondasi. Terdapat beberapa cara pencegahannya seperti dengan memperhitungkan secara detil struktur rumah dengan menggunakan perhitungan yang sesuai dengan peraturan beton Indonesia. Setelah menghitung struktur bangunan secara hati-hati, maka selanjutnya ialah pilihlah bahan bangunan yang memiliki kualitas yang baik. Apabila terpaksa harus memilih bahan bangunan yang mutunya kurang baik maka pastikan untuk menggunakan acian khusus untuk tembok serta perhatikan waktu dalam material benar-benar tidak mengalami kesusutan.

Demikian sedikit pengetahuan mengenai dinding retak pada tembok rumah dan cara pencegahannya. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *