Tips Untuk Melakukan Pengecatan Rumah

Tips Untuk Melakukan Pengecatan Rumah

Warna merupakan salah satu elemen yang membuat kesan yang menarik dan nyaman bila di aplikasikan dirumah. Bagi kalian yang ingin berencana merenovasi rumah atau hanya sekedar melakukan sebuah pengecatan rumah pastinya akan melihat referensi atau tips untuk melakukan pengecatan rumah tersebut.

Memang terkadang selain bosan dengan warna cat dirumah, rusaknya cat seperti mengelupas atau busam menjadi faktor utama yang mendasari untuk melakukan pengecatan ulang pada rumah. Selain itu umur cat yang sudah cukup lama yang akan membuat daya lekat cat berkurang. Cara pengecatan dan pemilihan bahan yang kurang sesuai akan membuat dampak buruk bagi cat rumah anda seperti tidak merekatnya cat ke dinding tadi.

Bagi kalian yang belum tahu pastinya akan memiliki sebuah pertanyaan seperti bisa atau tidak cat yang sebelumnya didasari labur ulang dengan cat baru?. Sebelum langsung melakukan pengecatan, tes sederhana dapat dilakuan untuk mengetahui bisa tidaknya hal tadi dilakukan yaitu dengan menyiramkan segayung air bersih ke dinding, bila air terserap dan di sertai perubahan warna maka cat yang lalu tidak layak untuk ditimpa. Apalagi bila terdapat gelembung pada dasar cat lama dan disertai pengelupasan. Jadi beberapa ulasan dibawah ini semoga dapat membantu anda untuk melakukan renovasi rumah yaitu pengecatan rumah.

  1. Scrap Seluruh Cat Lama

Melakukan scrap terhadap permukaan dinding yang terdapat cat lama tentunya menjadi hal mendasar sebelum melakukan pengecatan baru. Hal ini dilakukan untuk membuat daya lekat cat baru ke dinding tersebut maksimal. Sehingga selain hasilnya maksimal tentu biaya yang dikeluarkan akan cukup hemat karena tidak perlu bekerja 2 kali untuk pengecatan karena kesalahan tersebut. Untuk melakukannya dapat menggunakan scrapper dan solvent pengupas agar dalam proses pengelupasan cat lama maksimal.

  1. Amplas Sisa-Sisa cat Lama

Setelah melakukan scrap, dalam proses finishing pengelupasan cat  yang masih membandel tadi gunakanlah ampelas kasar. Pastikan dinding yang akan disiram dengan cat baru bersih. Setelah itu gunakanlah air bersih untuk mengelap dasar dinding tersebut. Karena cat rentan terhadap air dan bahan pengencer lain perhatikan tingkat kekeringan pada dinding rumah anda. Karena air menjadi hal sensitive saat melakukan pengecatan rumah.

  1. Gunakan Cat Dasar

Setelah memastikan tingkat kekeringan dinding rumah anda , langkah selanjutnya adalah menggunakan cat dasar yaitu alkali resisting primer tanpa pengenceran yang digunakan 1 lapis saja dan biarkan mongering sekitar 2-3 jam. Pengaplikasian cat dasar ini berfungsi untuk memberikan daya lekat maksimal pada cat. Meskipun tanpa diencerkan alkali resisting primer dapat masuk ke pori-pori dinding rumah.

  1. Aplikasikan Cat Utama

Setelah hal diatas sudah dilakukan, sekarang saatnya melakukan pengecatan dengan cat utama, sesuaikan warna degan keinginan anda. Tetapi yang terpenting adalah cat tersebut sesuai dengan aturan pengenceran yaitu 10 hingga 20%. Lakukan pengecatan 2 sampai 3 lagi agar hasil maksimal. Sama seperti cat dasar jeda waktu tiap lapis kurang lebih 2-3 jam untuk memastikan tingkat kekeringannya.

Dari ulasan diatas semoga dapat membantu anda dalam melakukan sebuah renovasi rumah khususnya untuk pengecatan rumah baru.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *