Tips Mengatasi Rumah yang Lembab

Hal utama yang seringkali menyebabkan rumah anda memiliki tingkat kelembaban yang tinggi ialah karena sirkulasi udara yang buruk. Akibatnya, kandungan uap air dalam udara menjadi semakin tinggi, sehingga tak heran bila rumah anda terasa begitu lembap.

Biasanya, rumah yang kondisinya lembab dapat memicu tumbuhkan lumut pada permukaan dinding rumah. Saat keadaan ruangan semakin lembap, maka lumut akan semakin cepat dalam menjalar ke bagian dinding lainnya. Perkembangan lumut tersebut tentunya akan merusak struktur pada dinding bangunan. Selain itu, lumut juga bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Agar hal tersebut tidak terjadi, maka anda perlu melakukan hal-hal berikut ini:

Merenovasi Ruangan Sumber Kelembaban

Pada dasarnya rumah yang lembab seenarnya dapat diatasi dengan melancarkan sirkulasi udara yang ada di dalamnya. Oleh sebab itu, anda perlu melakukan renovasi sederhana pada ruangan yang menjadi sumber kelembaban tersebut. Biasanya ruangan yang menjadi sumber kelembapan ialah kamar mandi, gudang dan dapur. Anda bisa menambahkan ventilasi udara di beberapa ruangan tersebut selain itu juga bisa mengatur pencahayaan ruangan agar ada cahaya masuk sehingga mengurangi kelembaban.

Mencegah Air Meresap ke Dinding

Selain berasal dari dalam rumah, sumber kelembaban juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti faktor yang berasal dari luar seperti genangan air. Sifat air yang dapat melewati celah-celah kecil tersebut bisa menjadikan dinding rumah anda menjadi lembab. Untuk mencegahnya, yaitu dengan memberikan waterproofing pada dinding luar maupun dinding dalam. Cara lainnya ialah dengan melapisi dinding dengan menggunakan keramik. Selain menghindari dari resapan air, dinding juga menjadi lebih indah dan tak perlu mengecat ulang lagi.

Menghalangi Tembok dari Air dengan Pondasi Sloof

Agar genangan air di luar sulit untuk menyentuh dinding, maka anda bisa membangun pondasi sloof di depan dinding rumah anda. Batlah pondasi yang cukup tebal untuk mempersulit resapan air. Dengan sifatnya yang kedap air dan kokoh, kini dinding rumah anda menjadi lebih aman dan terlindungi dari resapan air.

Memastikan Atap Rumah Tidak Bocor

Selain memikirkan dari sisi dinding, kelembaban rumah juga bisa diakibatkan oleh atap yang bocor. Titik kebocoran yang terjadi di berbagai tempat dapat menyebabkan genangan air. Maka usahakanlah untuk menggunakan bahan atap rumah yang dapat menyerap panas dengan baik, sehingga air tidak tertahan pada pori-pori atap. Selain dari segi atap, kebocoran juga bisa disebabkan oleh pembuatan talang yang kurang sempurna. Hal ini mengakibatkan air yang turun dari atap tidak bisa meluncur ke talang, namun menetes ke dalam rumah. Maka solusinya ialah dengan merenovasi talang dan mengaturny agar dapat menampung air yang jatuh dari gendeng. Semakin lebar talang, maka akan semakin bagus.

Demikianlah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengurangi kelembaban pada rumah anda. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *