Tips Memilih Plafon

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa dalam sebuah bangunan semua struktur yang berada di dalamnya pasti memiliki fungsinya masing-masing. Salah satu struktur bangunan yang cukup penting keberadaanya ialah plafon. Plafon memiliki fungsi untuk menahan hawa panas yang berasal dari penutup atap atau genteng menuju kedalam ruangan. Pastinya dengan andanya plafon, maka menjadi faktor kenyamanan tersendiri bagi penghuninya. Di pasaran, terdapat beberapa jenis plafon yang bisa menjadi pilihan. Setiap jenisnya dibuat dengan kelebihan masing-masing. Agar anda tidak bingung dalam memilih, simak ulasannya berikut ini:

Plafon Triplek

Triplek merupakan salah satu bahan bangunan yang sangat umum digunakan di setiap bangunan. Kelebihan dari plafon triplek ini ialah cara pemasangannya sangat mudah sehingga dapat dilakukan oleh tukang kayu biasa. Selain itu juga, material triplek sangat mudah ditemukan dan harganya juga relatif murah. Biasanya ukuran triplek yang tersedia dipasaran berkisar antara 122 cm X 244 cm dengan ketebalan 3 mm, 4 mm, 6 mm. Selain memiliki kelebihan, plafon triplek ini juga memiliki kelemahan. Karena terbuat dari kayu yang tipis, maka akan sangat mudah rusak apabila terkena tetesan air dan tidak tahan dengan api.

Plafon Gypsum

Plafon gypsum akhir-akhir ini sudah mulai banyak peminatnya di pasaran. Selain bentuk-bentuk profilnya yang dapat menambah estetika bangunan, kelebihan plafon gypsum ialah memiliki permukaan yang terlihat seperti tanpa sambungan, sehingga terlihat menjadi lebih rapi. Proses pengerjaanya pun cepat dan sangat mudah diperoleh di pasaran. Namun disisi lain, terdapat kelemahannya yaitu tidak tahan terhadap air, sehingga apabila terkena tetesan air akan rusak dan harus dilakukan penggantian. Tidak semua tukang bisa mengerjakannya, sehingga membutuhkan tukang yang memiliki keahlian khusus.

Plafon GRC (Glassfiber Reinforced Cemen Board)

Seiring dengan perkembangan inovasi bangunan, maka plafon jenis ini mulai banyak diminati. Tidak seperti plafon triplek dan plafon gypsum, plafon GRC memiliki ketahanan terhadap air. Selain itu, keunggulan lainnya ialah bahannya sangat ringan dan lentur sehingga sangat mudah dalam proses pemasangan. Salah satu kekurangannya yaitu dalam pemasangannya harus dengan tukang yang ahli, sebab apabila salah dalam maka plafon akan mudah retak dan rusak.

Plavon Metal

Sesuai dengan namanya, bahan dasar pembuatan plavon metal yaitu berasal dari lempengan metal tipis yang diempos sehingga tercetak dalam berbagai motif. Unsur klasik yang terlihat dari beragam motif pada plafon metal ini menjadi salah satu daya pikat sendiri. Selain itu, kelebihan plafon metal ialah tahan terhadap rayap dan tahan dari kelapukan karena termakan usia. Dengan segala kelebihannya, maka tak heran jika harga yang diberikan untuk plafon jenis ini cukup mahal.

Demikian beberapa ulasan jenis plafon yang bisa menjadi pilihan untuk anda. Dengan mengetahui beberapa jenis plafon dengan segala kelebihan dan kekurangannya, maka akan menjadi lebih mudah bagi anda untuk memilih sesuai dengan kegunaan dan budget yang anda miliki. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *