Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Penggunaan Atap Baja Ringan

Saat awal mula ditemukan teknologi tentang baja, atap baja ringan seringkali dipakai pada bangunan yang berukuran besar. Namun seiring dengan meningkatnya kebutuhan, kini atap baja mulai banyak diaplikasikan pada bangunan kecil eperti rumah tinggal. Pemilihan atap baja banyak diminati karena alasan harganya yang lebih murah dibandingkan dengan kayu.

Namun sayangnya, meningkatnya perminataan tersebutternyata tidak diimbangi dengantenaga profesional yang bisa memasang atap baja dengan sistem pemasangan yang baik dan sempurna. Saat ini masih banyak yang belum menyadari bahwa masih banyak kesalahan yang terjadi dalam pemasangan atap baja ringan.

Kesalahan tersebut seringkali terjadi pada bagian pemasangan dudukan rangka. Apabila dudukan rangka terpasang miring, maka dapat berakibat pada kekuatan tekanan pada baja menjadi tidak seimbang. Lama kelamaan hal ini dapat berpengaruh pada keamanan konstruksi. Maka dapat berakibat atap baja menjadi ambruk dan jatuh.  Bila hal tersebut, maka akan sangat membahayakan orang yang berada di bawahnya.

Sehingga, seorang tukang pemasang atap baja harus memiliki sertifikat khusus. Biasanya tukang yang memiliki sertifikat khusus dalam pemasangan atap baja ringan dapat membuat perhitungan menggunakan sistem tiga dimensi sehingga proses penyatuan baja atap ringan menjadi lebih akurat. Dengan pemasangan yang tepat maka sistem struktur rangka baja yang berkaitan menjadi lebih kuat.

Baja punya kelebihan yaitu anti karat namun dengan catatan jika lapisan anti karat tersebut tidak hilang. Salah satu penyebab utama dari hilangnya lapisan anti karat ini yaitu karena mengelupas terutama ketika genteng dipasang. Oleh sebab itu pemasangan genting harus dapat menghindari terjadinya benturan pada kerangka baja. Benturan yang terlalu sering inilah yang menyebabkan lapisan anti karang hilang.

Seperti yang banyak orang tahu bahwa baja merupakan bahan yang memiliki tidak mudah berkarat. Namun sayangnya, tidak banyak yang memahami bahwa baja juga bisa terkena korosi apabila lapisan anti karatnya hilang. Biasanya lapisan anti karat pada baja dapat mengelupas saat pemasangan genteng. Sehingga pada saat pemasangan genteng perlu dilakukan secara hati-hati. Selain itu, perlu disadari juga bahwa atap baja ringan tidaklah cocok digunakan di daerah pengunungan dan pantai. Hal tersebut karena sangat berpengaruh pada usia penggunaan atap baja. Tingkat korosi di daerah pengunungan dan pantai cukup tinggi, sehingga dapat mempercepat atap baja menjadi mudah berkarat dan rapuh.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa banyak orang yang lebih tertarik memilih bahan yang harganya lebih murah namun kurang memperhitungkan kualitasnya. Kualitas yang dimaksud bukan pada baja ringannya, namun lebih pada kualitas pemasangannya. Kualitas pemasangan yang buruk tentunya akan berakibat sangat fatal. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan konstruksi atap baja ringan maka perlu memperhatikan beberapa hal. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *