Kenali Berbagai Jenis Rangka Atap

Rangka atap merupakan salah satu komponen yang penting dalam sebuah bangunan. Rangka atap memiliki fungsi sebagai penopang tekanan atap dan menyalurkan tekanan bangunan ke struktur lain yang ada di bawahnya. Struktur atap ini biasanya tidak kelihatan karena tertutup genteng. Struktur ini sama pentingnya dengan struktur lain pada bangunan agar bangunan bisa berdiri dengan kokoh.

Rangka atap juga memiliki struktur yang ada di dalamnya. Semua struktur di dalam rangka atap memiliki fungsinya masing-masing. Bagi anda yang awam tentang bangunan tentu saja tidak terlalu memahami struktur apa saja yang ada pada rangka atap. Agar anda lebih mudah memahaminya dalam artikel ini akan mengulas beberapa struktur yang ada pada rangka atap. Berikut ini beberapa penjelasannya:

Kuda – Kuda

Pada struktur kuda-kuda mempunyai fungsi yang sangat penting dalam pembuatan rangka atap. Fungsinya ialah sebagai penopang semua tekanan yang ada pada rangka atap dan langsung menyalurkannya ke sruktur bangunan yang terdapat di bawah rangka atap. Posisi struktur kuda-kuda ini berada di ujung dan tengah rangka atap.

Bubungan (Nok)

Struktur bubungan atau sering disebut dengan balok nok ialah struktur yang fungsinya mengikat kuda-kuda satu dengan yang lainnya. Posisinya memanjang yang disesuaikan dengan panjang rangka atap yang di bangun.

 Gording

Gording merupakan  struktur tempat tumpuan dari struktur rangka atap lainnya seperti reng, usuk dan penutup atap. Beban yang diberikan sangat besar, maka bahan yang diperlukan sama besarnya dengan tekanan. Biasanya gording dibuat dengan bahan kayu 8/12 dan 6/12.

 Usuk

Usuk ialah struktur rangka atap yang berfungsi sebagai tempat tumpukan dari struktur rangka atap tang ada di atasnya. Struktur yang ada diatasnya ialah reng serta penutup atap yang tekanannya langsung dari luar bangunan. Posisi usuk memanjang dari satu kuda-kuda satu ke kuda-kuda lainnya.

Reng

Reng ialah struktur rangka atap yang posisinya terletakdi bawah penutup atap. Fungsinya ialah untuk menyalurkan tekanan penutup atap ke struktur lain di bawahnya. Selain itu, reng juga berfungsi sebagai tempat untuk bersandarnya penutup atap. Posisi reng tegak lurus ke atas sehingga berlawanan dengan arah usuk.

Penutup atap

Penutup atap atau biasa dikenal dengan gentang memiliki fungsi sebagai penahan tekanan dari cuaca, seperti tekanan air hujan saat turun dan angin. Banyak pilihan penutup atap yang tersedia di pasaran yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jurai

Demikianlah sedikit ulasan tetang struktur atap. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk anda dalam memahami struktur atap pada sebuah bangunan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *