Kelebihan Menggunakan Material Bambu Untuk Bangunan Rumah

Salah satu material yang sering digunakan untuk memberkan kesan alami pada hunian rumah ialah material bambu. Saat ini, bambu semakin populer terlebih karena banyak dari kalangan profesional yang menggunakan material ini karena alasan ramah lingkungan. Selain ramah lingkungan, bambu juga memiliki kelebihan lainnya. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dari penggunaan material bambu.

Mudah Dirawat

Material bambu pada dasarnya merupakan material yang sangat mudah untuk dirawat. Cara perawatan yang pertama ialah mudah dalam membersihkannya, yaitu hanya dengan disapu atau menggunakan vacum cleaner secara rutin untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel pada permukaan bambu. Selain itu, anda juga bisa menggunakan pembersih yang bebas senyawa alkali atau asam agar terlihat lebih mengkilap.

Memiliki Ketahanan Pada Air

Dibandingkan dengan kayu, bambu memiliki ketahanan terhadap air serta noda. Dengan begitu, material bambu juga bisa digunakan sebagai eksterior rumah. Selain itu, material bambu juga tidak mudah melengkung atau bengkok, sehingga dapat dikatakan bambu adalah salah satu material yang kokoh dan tahan lama.

Tahan Lama

Beberapa jenis bambu memiliki batang yang sangat kuat, keras dan tahan lama. Lebih dari itu, bambu yang melalui proses pengolahan dan diproduksi secara tepat akan memiliki ketahan yang lebih lama, hampir seperti pohon oak merah.

Mudah Didapat

Tak seperti kayu yang kian hari kian berkurang jumlahnya, bambu adalah material bangunan yang sangat mudah sekali ditemukan. Hal ini dikarenakan bambu adalah tanaman yang sangat mudah untuk ditumbuhkembangbiakkan. Tak seperti pohon yang harus melalui masa pertumbuhan yang panjang hingga puluhan tahun, bambu hanya membutuhkan waktu tumbuh tak lebih dari 5 tahun. Bahkan pada usia 3 tahun saja bambu sudah dapat dipanen dan dijadikan sebagai bahan material bangunan. Selain masa tumbuhnya yang cepat, harga material bambu juga cukup terjangkau bila dibandingkan dengan kayu solid, karena material ini mudah dijumpai di pasaran.

Dapat Di-finishing Ulang

Penggunaan bambu sebagai elemen interior pastinya lama kelamaan akan mengalami perubahan warna. Hal tersebut bisa karena debu yang menempel, terkena goresan atau bisa juga karena rusak. Namun anda tak perlu khawatir, sebab bambu adalah bahan material bangunan yang apat difinishing ulang agar tampilannya terlihat seperti baru. Caranya sangat mudah, yaitu cukup dilakukan pengamplasan kemudian diberi lapisan finishing kembali.

 Memiliki Sisi Artistik

Bagi anda yang memiliki sisi artistik yang tinggi, anda bisa memanfaat material bambu untuk mempercantik hunian anda. Kini bambu tak hanya digunakan sebagai kerai yang menghalangi panas matari saja, namun bambu juga bisa dimanfaatkan sebagai material yang memberikan kesan natural dan pemanis yang bisa menjadi pertimbangan.

Demikian beberapa hal tentang kelebihan menggunakan bambu yang digunakan sebagai material bangunan. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *