Cara Mengatasi Tembok Berjamur Akibat Lembab

Pada bagian dinding bagian luar ataupun yang dekat dengan kamar mandi biasanya sering muncul rembesan air. Tentunya rembesan pada dinding tersebut berasal dari air hujan ataupun ada pipa air yang bocor. Pastinya hal tersebut bila tidak segera diatasi maka lama kelamaan dinding akan ditumbuhi jamur dan bahkan hingga berlumut. Selain dapat merusak keindahan rumah, daya tahan dinding juga perlahan-lahan akan berkurang, sehingga dapat membuat dinding menjadi rapuh dan berisiko ambruk.

Sebelum melakukan perbaikan, maka ada baiknya untuk mengecek keadaan tembok terlebih dulu. Cek bagian dinding yang rembes maupun bagian dinding sebaliknya. Apakah terdapat retakan. Biasanya rembesan air disebabkan oleh retakan, walaupun retakan kecil sekecil rambut. Air memiliki sifat yang dapat melewati celah-celah kecil, terlebih bila terjadi hujan yang lebat. Berikut ini beberapa cara dalam memperbaiki rembesan pada beberapa bagian tembok.

Rembesan pada tembok berumur

Saat tembok dalam keadaan berumur, maka lapisan waterproofnya pasti sudah tidak berfungsi dengan baik. Sehingga tidak heran bila sudah terlalu lama kehujanan maka air dapat merembes ke bagian sisi tembok sebaliknya. Untuk mengatasinya, maka tembok bagian luar perlu dilapisi kembali dengan menggunakan waterproof. Selain itu juga disarankan untuk memasang kanopi atau menanam pohon yang agak rindang agar dapat mengurangi dampak dari guyuran hujan.

Dinding berbatasan dengan tempat lembab seperti kamar mandi.

Biasanya dinding kamar mandi dilapisi dengan keramik agar percikan air tidak langsung masuk ke dalam tembok yang dapat menyebabkan lembab dan berjamur. Bila masih rembes, maka cek kembali pada bagian nat keramik, apakah ada nat keramik yang terlepas ataupun retak. Bila hal tersebut terjadi maka anda perlu menambalnya dengan menggunakan adonan campuran semen putih dan lem. Gunakan lidi untuk memasukkan adonan ke bagian yang retak tadi. Jangan gunakan kamar mandi dulu sebelum tambalan nat mengering.

Kebocor dari atap

Bila dinding rembes dan berjamur berada di bagian atas, maka dapat diasumsikan terdapat kebocoran di bagian atap rumah anda. Sehingga mau tidak mau perlu dilakukan pengecekan pada bagian atas dan memperbaikinya. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh kebocoran genteng.

Demikian ulasan tentang penyebab serta cara memperbaiki rembesan pada dinding rumah. Segeralah lakukan perbaikan bila dinding rumah anda mengalami rembes, agar tidak menimbulkan banyak jamur serta penyakit. Bila anda kesulitan dalam menangani rembesan dinding pada rumah anda, maka jangan ragu untuk menghubungi kami.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *