Cara Mengatasi Kebocoran Pada Atap Rumah Paling Tepat

Memperbaiki kebocoran pada rumah sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara memperhatikan hal-hal kecil yang menjadi penyebab kebocoran. Banyak orang seringkali pusing dengan intensitas kebocoran yang terlalu banyak. Terlebih bila intensitas turun hujan sangat panjang dan hampir setiap hari. Sehingga membutuhkan kesabaran dalam memperbaikinya.

Kebocoran atap rumah dapat terjadi karena beberapa hal, seperti karena faktor angin yang bertiup terlalu kencang sehingga genteng bergeser dari tempatnya semula, kemudian karena atap rumah kejatuhan benda-benda yang dapat merusak atap seperti kejatuhan buah dari pohon di sekitar rumah., ataupun benda-benda lainnya.

Oleh sebab itu, andawajib melakukan pengecekan secara rutin. Bila memiliki pohon rindang yang dekat dengan atap rumah anda, maka sebaiknya untuk segera dirapikan agar cabang-cabangnya tidak menjuntai mendekati atap rumah anda. Untuk tips-tips lebih lengkapnya maka silakan simak tips-tips berikut ini:

  1. Hindari Menanam Pohon Terlalu Dekat Dengan Rumah

Salah satu cara mengurangi risiko kebocoran atap rumah ialah dengan tidak menanam pohon terlalu dekat dengan rumah. Hal ini karena saat pohon yang lama kelamaan tumbuh besar dan memiliki buah-buah yang lebat maka akan memiliki potensi merusak atap rumah. Bagian ranting yang tumbuh menjuntai ke atap rumah dan bila tertiup angin maka akan bergerak-gerak, maka secara tak langsung akan membuat atap menjadi bergeser ke tempat semua, sehingga dapat memicu mengalami kebocoran. Kemudian bila pohon sdah berbuah tentunya terdapat resiko buah jatuh pada bagian atap rumah dan bila hal tersebut terjadi akan membuat retakan dan bahkan atap menjadi pecah.

  1. Gunakan Atap Yang Memakai Sistem Waterproof

Atap yang menggunakan sistem waterproof tentunya memiliki kelebihan untuk mengurangi dari risiko kebocoran. Atap waterproof terdiri dari berbagai macam jenis, warna dan variasi. Anda dapar memilih sesuai dengn selesa dan juga dapat menyesuaikan dengan budget yang anda miliki. Saat anda memutuskan untuk memilih atap waterprrof, maka anda harus menimbang dengan proses pemasangan yang benar dan tepat. Bila pemasangannya asal-asalan maka akan sama saja mengalami kebocoran. Sebab, sedikit celah saja dapat menimbulkan kebocoran pada atap. Sehingga dalam pemasangannya perlu dilakukan dengan teliti dan hati-hati.

  1. Pasang Plastik Di Bawah Atap

Sebelum memasang atap, maka ada baiknya untuk menggunakan palisan plastik terlebih dulu. Setelah bagian rangka atap terpasangan, kemudian pasanglah plastik kemudian dilanjutkan dengan atap. Cara ini biasanya banyak dilakukan oleh rumah-rumah yang berada di pedesaan dengan atap rumah yang luas. Berbeda dengan perkotaan, wilayahnya sudah sangat padat, dan tentunya risiko kebocoran masih sangat rendah. Namun bila ingin memastikan rumah anda terbebas dari bocor, maka cara ini dapat anda aplikasikan pada rumah anda.

  1. Atap Sebaiknya Mempunyai Sudut Kemiringan Yang Tepat

Sudut kemiringan atap ternyata memiliki andil yang sangat besar dalam hal kebocoran. Pemasangan atap sebaiknya memiliki kemiringan atap yang sesuai sebab salah satu kebocorran rumah  disebabkan oleh atap yang terlalu landai. Bila anda menggunakan atap genteng, maka tidak direkomendasikan mendesain rumah dengan atap yang landai, sebab atap landai hanya cocok untuk rumah dengan berbahan dasar cor. Dengan menggunakan atap cor, maka anda juga perlu dilapisi dengan waterproof agar air tidak merembes dan mencegah terjadinya kebocoran.

  1. Ganti Atap Yang Sudah Terlihat Rapuh

Atap yang sudah terlihat rapuh memiliki peluang besar memicu terjadinya kebocoran. Hal ini terjadi dari atap yang mulai rapuh, sehingga sangat air sangat mudah merembes dan pada akhirnya mengalami kebocoran. Bila anda sudah menyadari bahwa terdapat kerapuhan pada atap rumah anda, maka sebaiknya tidak menunda untuk memperbaiki karena peluang kebocoran akan semakin besar.

Demikian beberapa tips untuk menghindari kebocoran pada atap rumah anda. Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda mengalami kesulitan dalam hal kebocoran rumah, maka kami akan siap untuk membantu anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *