Cara Memilih Granit yang Berkualitas

Pada zaman modern seperti saat ini, banyak bangunan yang dibangunan menitik beratkan pada sisi estetika. Salah satu material bangunan yang bisa memberikan efek estetika ialah batu alam, contohnya yaitu granit. Granit memiliki sifat yang keras,kuat dan memiliki warna yang indah, sehingga banyak digunakan sebagai bahan konstruksi maupun menambah keindahan pada bangunan.

Namun sayangnya, banyak orang yang masih tertipu saat memilih granit. Oleh sebab itu, berikut ini terdapat beberapa hal untuk memahami mana batu granit yang asli dan tidak.

Yang pertama harus diperhatikan yaitu soal harga. Harga batu granit itu sendiri tidak lah murah, sehingga anda perlu memperhitungkan apabila ingin menggunakan batu granit pada bangunan rumah. Anda harus pintar dalam memilih pola dan warna yang baik untuk granit yang akan anda gunakan agar tidak menyesal di kemudian hari. Ada baiknya, anda melakukan survey harga terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli granit.

Indonesia merupakan salah satu penghasil batu granit terbaik di dunia. Beberapa daerah penghasil batu granit terbaik seperti Tulungagung Jawa Timur dan Kabupaten Karimun di kepulauan Riau. Selain kedua daerah tersebut, terdapat beberapa daerah di tanah air yang juga menghasilkan granit dengan kualitas terbaik seperti, Lampung, Kalimantan, Yogyakarta, Kupang, Papua, dan beberapa diantaranya ada di daerah Sumatra. Sehingga, anda tidak perlu repot-repot memesan batu granit hingga luar negeri, karena beberapa daerah di Indonesia merupakan penghasil granit terbaik di dunia. Dengan begitu, anda dapat menghemat biaya dalam membeli batu granit untuk matrial bangunan anda.

Dalam memasang baru granit untuk dinding atau lantai, maka ada baiknya anda menggunakan jasa tenaga ahli atau tukang yang sudah terbiasa mengerjakan pemasangan granit. Sebab, dalam pemasangan granit perlu ketelitian agar tidak terjadi kerusakan yang menimbulkan kerugian. Bila telah  terpasang, maka selanjutnya anda perlu memperhatikan perawatannya. Granit perlu dirawat secara teratur, sebab jika granit terkena kotoran terlalu lama, maka kotoran tersebut akan menjadi noda yang akan sulit dihilangkan. Oleh sebab itu, anda harus rutin melapisinya dengan coating khusus agar dapat terlihat bersih dan mengkilap.

Demikianlah, beberapa ulasan tentang batu granit. Dengan mengetahui beberapa hal tentang granit maka anda bisa mendapatkan granit yag berkualitas. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *