Berikut Ini Bagian Rumah Yang Rawan Kebocoran

Rumah merupakan salah satu tempat yang dirasa aman untuk berlindung bagi seluruh anggota keluarga. Terlebih pada saat kondisi hujan, rumah merupakan tempat yang paling aman untuk berlindung dari terpaan air hujan dan angin kencang. Pastiya rumah yang aman adalah rumah yang tidak mengalami kebocoran. Agar rumah anda menjadi nyaman dan aman saat memasuki musim penghujan, berikut ini beberapa bagian rumah yang perlu anda perhatikan agar tidak mengalami kebocoran, yaitu sebagai berikut:

Saluran Air

Pengecekan saluran air merupakan salah satu bagian rumah yang sering kali terlupakan saat musim hujan datang. Padahal jika saluran air bermasalah dapat menimbulkan sesuatu yang cukup fatal. Untuk menghindari hal tersebut maka jangan lupa untuk selalu pastikan semua saluran air baik yang berasal dari atap rumah, dapur, selokan semuanya bersih dari kotoran. Sebab, pada musim kemarau banyak sekali kotoran seperti daum-daun kering, plastik dan sampah lainnya yang dapat menutupi saluran air.

Instalasi Listrik

Selain itu hal yang luput dari pengecekan rutin ialah bagian instalasi kelistrikan. Pengecekan kabel-kabel pada atap rumah memang perlu dilakukan pengecekan. Resiko terjadi kebocoran pada musim penghujan sangatlah tinggi, sehingga perlu mengecek pengkabelan untuk menghindari adanya konsleting listrik. Oleh sebab bila anda menemukan kabel atau alat listrik lainnya yang rusak, maka jangan tunda untuk memperbaikinya agar risiko kebakaran akibat dari konstleting listrik tidak terjadi.

Talang Air

Setelah memastikan keadaan saluran utamanya bersih dari kotoran, maka anda juga perlu memeriksa kondisi talang air. Talang air pada dasarnya berfungsi untuk membatasi aliran air agar tidak keluar dari jalurnya yang dapat menimbulkan kebocoran. Talang air sangat rentan mengalami kerusakan karena pada bagian-bagian ini sering mengalami pergerakan, seperti di bagian sambungan serta lubang pembuangannya.

Atap Rumah dan Plafon

Bagian ini merupakan bagian rumah yang sangat penting diperhatikan saat musim penghujan datang. Kurangnya pemeriksaan secara berkala membuat kebocoran terjadi, misalnya saja terdapat genting pecah. Apabila hal tersebut terjadi, maka dampaknya yakni kebocoran yang dapat merusak plafon hingga perabotan rumah lainnya yang terbuat dari kayu. Selain itu, kerusakan pada atap rumah juga dapat menjadi jalan masuk tikus yang menyebabkan kerusakan lebih parah. Oleh sebab itu selalu pastikan atap rumah anda dalam keadaan yang aman atau apabila terdapat kerusakan sekecil apapun segeralah memperbaikinya.

Dinding

Seringkali hal yang menjadi perhatian saat musim penghujan datang ialah bagian atap rumah. Namun sayangnya, banyak dari anda yang lupa bahwa dinding juga berpotensi mengalami kebocoran saat musim penghujan. Adanya retakan-retakan halus pada dinding dapat menyebabkan masuknya air pada pori-pori dinding sehingga menimbulkan tumbuhnya jamur sehingga muncul bau yang tidak sedap. Oleh karena itu segeralah perhatikan keadaan dinding rumah sebelum musim penghujan datang, apabila terdapat keretakan halus segeralah lapisi dengan cat kedap air yang tersedia di toko-toko bangunan.

Memastikan rumah untuk terus aman dan nyaman memang perlu dilakukan pengecekan secara berkala, terlebih pada musim penghujan. Oleh sebab itu segera lakukan pengecekan bagian-bagian rumah yang rawan mengalami kebocoran, sebelum terlambat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *