Tips Untuk Menghitung Kebutuhan Plafon

Plafon merupakan salah satu struktur bangunan yang sangat penting keberadaanya. Dengan adanya plafon, maka hawa panas yang dihantarkan dari atap tidak langsung dirasakan oleh penghuni bangunan. Namun, dalam pemasangan plafon perlu diperhitungkan dengan baik, sebab bila salah dalam perhitungan maka risikonya bisa sangat merugikan. Oleh sebab itu, dalam pemasangannya perlu diperhitungkan baik-baik.

Dalam semua membangun sebuah bangunan, memang perlu memperhitungkan dengan baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Bagi anda yang ingin membuat plafon dan tidak mengetahui cara memperhitungkannya kebutuhan plafon, maka berikut ini terdapat beberapa ulasan untuk mengetahui cara menghitung kebutuhan plafon pada sebuah bangunan.

Dalam menghitung kebutuhan plafon, maka perlu kisaran harga pengerjaan plafon dapat dihitung dalam satuan m2, sedangkan untuk lis gypsum dihitung dalam satuan m1.

Berikut ini merupakan contoh perhitungan volume pekerjaan kamar tidur yang  berukuran 3m x 3m yang akan dipasang plafon gypsum dengan ukuran 120 x 240cm.

Cara Menghitung Kebutuhan Gypsum

Kisaran harga dalam pekerjaan plafon kamar dengan ukuran 3m x 3m, maka anda perlu menghitung luas kamar terlebih dahulu, yaitu 3m x 3m = 9 m2. Setelah itu anda bisa mulai menganalisa seberapa kebutuhan papan gypsum yang perlu disediakan sebagai bahan plafon. Dengan cara sebagai berikut.

1 Lembar gypsum berukuran 1.2m x 2.4m dan luasnya adalah 2.88 m

Setelah menghitung semua, maka anda tinggal membagi saja jumlah luas 1 lembar gypsum dan luas ruangan, sehingga 2.88 di bagi 9 = 3.12 atau kita genapkan menjadi 4 lembar.

Cara Menghitung Kebutuhan Rangka Plafon

Ukuran ruangan 3m x 3m maka rangka Hollow yang di pasang pada dinding adalah sepanjang 3m x 4btg = 12 m1. Panjang Hollow 4m, dengan begitu ada sisa potongan kurang lebih sekitar 1m dapat dimanfaatkan untuk gantungan

Untuk isian rangka per 60 cm. 300 : 60cm = 5 batang.

Cross 4 x 4cm x 3m x 2 btng.

Ukuran plafon adalah 9 m2, maka kebutuhan rangka Hollow adalah 3m x 4 btng = 12 m1. 3m x 5 btng = 15 m1. 4 x 4 cm x 2 x 3 btng = 6 m1. Sehingga jumlah total kebutuhan rangka plafon adalah 33 m1. atau 10 btng Hollow. Lis profil antara pinggir dinding dan plafon, maka lis yang di butuhkan adalah sepanjang 3m x 4 bh= 12m

Demikianlah cara perhitungan sederhana dalam menghitung menghitung kebutuhan plafon. Bila anda masih kesulitan dalam menghitungnya, maka anda tak perlu ragu untuk menanyakan pada spesialis plafon.  Terimakasih sudah membaca ulasan dalam blog ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *