Perbaikan Atap Bocor Sindoro

Tips Pemilihan Genting / Genteng

tap yang kuat dan tahan lama merupakan hal yang sangat penting untuk rumah impian Anda. Pemilihan jenis atap yang tepat merupakan salah satu kuncinya, jangan sampai hanya karena salah dalam memilih atap maka rumah yang Anda impikan dapat melindungi keluarga dengan aman pupus begitu saja. Oleh karena itu pemilihan jenis genteng atap yang tepat menjadi suatu pertimbangan yang penting. Pemilihan jenis genting biasanya juga tergantung dari jenis konstruksinya. Berikut ini beberapa jenis genting yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan rumah Anda.

  1. Atap Genteng Metal

Merupakan genteng yang berbahan dasar metal zincalume yang ringan namun memiliki daya tahan yang baik. Dengan bahan dasar yang ringan genting metal tidak membebani konstruksi bangunan. Geteng metal tidak hanya digunakan oleh gedung-gedung ataupun perkatoran, namun kini sudah digunakan untuk bangunan rumah tinggal.

  1. Atap Genteng Tanah Liat

Di Indonesia genteng berbahan tanah liat tidaklah asing. Sebagian besar bangunan rumah tinggal beratapkan genteng tanah liat. Selain ramah lingkungan, atap genteng tanah liat juga memiliki berbagai kelebihan salah satunya mengurangi hawa panas yang masuk ke dalam rumah. Selain lebih dingin, apa genteng tanah liat juga tidak menimbulkan suara bising seperti jenis atap lainnya. Dalam pemasangannya, genteng atap tanah liat perlu menggunakan kontruksi yang kuat, agar dapat menopang genteng tanah liat.

  1. Atap Genteng Aspal

Genteng aspal merupakan salah satu bentuk pengembangan dari genteng modern. Berbahan serat sintesis yang dilapisi aspal atau fiberglass, sehingga membuat atap jenis ini memiliki kemudahan dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan. Terdapat beberapa model yang tersedia di pasaran yaitu seperti berbentuk hexagonal, persegi, oval ataupun sisik. Dalam pemasangannya bisa dalam berbagai macam cara, misalnya pada atap model datar pemasangannya perlu menggunakan papan multipleks yang ditempel dengan skrup. Agar lebih aman, genteng aspal juga perlu dilem pada papan agar lebih kokoh.

  1. Atap Genteng Kaca

Atap genteng kaca biasanya digunakan untuk memasukan cahaya matahari pada ruangan tertentu. Biasanya diletakkan pada bagian dapur atau pada bagian ruangan yang sulit tidak memiliki sumber cahaya. Atap jenis ini sangat jarang digunakan untuk seluruh bagian atap rumah karena resiko pecah yang sangat tinggi. Dalam hal ukuran dan model, genteng kaca didesain sesuai dengan jenis atap konvensional seperti genteng jenis tanah liat.

  1. Atap Genteng Keramik

Jenis genteng ini memiliki ketahanan yang lebih lama dibandingkan dengan jenis genting lainnya. Sesuai dengan namanya, genting keramik ini melalui proses pembakaran yang sempurna sehingga relatif kuat bila diinjak. Selain memiliki ketahanan yang baik, model serta warna yang beragam juga membuat genting model ini lebih terlihat menarik dan eksentrik. Salah satu kekurangan pada jenis genting ini adalah memiliki massa yang tidak enteng. Dalam satu meter persegi atap rumah berat genting ini mencapai 40 kg, sehingga hal tersebut berpengaruh pada daya tahan bangunan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *