Tips Mudah Menghilangkan Lumut Pada Tembok

Lumut merupakan tumbuhan yang dapat tumbuh pada tempat-tempat yang lembap, tak terkecuali pada tembok yang basah. Biasanya kondisi tembok yang basah dan lembap yaitu tembok yang berada di balik kamar mandi ataupun tembok yang mengalami rembesan. Apabila lumut yang menempel pada tembok dibiarkan terus menerus, maka lama kelamaan akan menyebar kebanyak tempat dan menyebabkan kerusakan dinding. Untuk menghindarinya, berikut ini beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan lumut pada dinding, yaitu:

Air garam

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang ternyata dapat membasmi lumut yang menempel di dinding.  Cara penggunaan garam sangatlah mudah, anda tinggal mencampukan 2 liter air dengan 2 sendok garam, kemudian panaskan hingga mendidih. Campuran air garam tersebut bisa langsung anda siramkan pada dinding yang berlumut, atau bisa juga dengan menyemprotkannya dengan alat penyemprot.  Setelah itu, gosok berkali-kali hingga lumut bersih.

Kaporit

Kaporit merupakan sejenis senyawa kimia yang sering digunakan untuk bahan disinfektan pada air ternyata juga bisa digunakan untuk membasmi lumut pada dinding. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menumbuk kaporit sampai halus lalu taburkan pada tembok yang berlumut. Diamkan beberapa saat untuk menunggu proses kimiawi. Setelah itu, siram dengan air bersih dan sabun lalu gosok sampai lumut hilang.

Air kapur

Selain digunakan sebagai bahan pencampur semen, ternyata kapur juga memiliki manfaat untuk menghilangkan lumut pada dinding. Anda bisa menggunakan kapur tulis atau membelinya di toko bahan bangunan. Caranya yaitu campurkan kapur dengan air lalu siramkan pada tembok yang berlumut. Kemudian diamkan selama semalaman. Setelah itu gosok permukaan tembok dengan sikat lantai dan siram air sampai bersih.

Bata merah

Selain menggunakan bahan-bahan yang telah disebutkan diatas, ada salah satu cara lagi yang cukup mudah dilakukan yaitu dengan cara menggunakan bata merah. Cara ini merupakan cara yang sering digunakan pada zaman dahulu. Anda bisa mencari sisa-sia potongan batu bata disekitar rumah anda, kemudian gosokkan potongan bata merah tersebut pada lumut, setlah itu bilas dengan air sampai bersih.

Banyak sekali alternatif yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan lumut pada tembok dengan mudah. Namun yang perlu anda perhatikan dalam menghilangkan lumut pada dinidng yaitu anda juga perlu menjaga agar tembok tidak rusak akibat terkena bahan pembersih lumut. Bahan yang memiliki zat asam tinggi akan mudah menghilangkan lumut namun juga dapat merusak tembok apabila digunakan dengan kadar yang berlebihan. Demikian sedikit tips simpel dan mudah untuk menghilangkan lumut pada tembok dengan mudah. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *