Tips Mudah Menambal Bak Mandi Bocor

Biasanya penyebab bocor pada bak kamar mandi disebabkan oleh adanya retakan pada dinding bak kamar mandi atau pada bagian nat keramik, sehingga air merembes. Salah satunya ialah karena pemasangan keramik atau konstruksi bak yang keliru.

Untuk memperbaikinya, terdapat beberapa alat dan bahan yang anda butuhkan, yaitu lem silikon untuk akuarium, kain lap, dan cutter. Cara pengerjaanya sebagai berikut:

  1. Isilah bak kamar mandi hingga penuh. Biarkan beberapa saat. Kemudian amati air dalam bak, jika air tersebut berhenti berkurang maka anda bisa mulai mencari celah di sekitar permukaan bak. Dari situlah anda dapat melihat dengan jelas dimana letak kebocoran.
  2. Setelah mengetahui letak permasalahannya, kemudian kuras bak mandi dan keringkan. Kemudian bersihkan kembali lokasi kebocoran dari kotoran yang masih menempel.
  3. Bila titik kebocoran terlalu kecil, maka anda bisa menggunakan cutter untuk memperlebar titik kebocoran. Tujuannya ialah agar lebih mudah dalam penambalannya.
  4. Kemudian ambil lem silikon yang biasanya digunakan untuk akuarium. Tempel lem ke bagian tengah lubang dan daerah sekitar lubang. Tunggu beberapa saat hingga lem menjadi benar-benar kering. Dalam waktu lima menit, lem silikon akan menggumpal. Namun lem akan benar-benar merekat erar setelah satu jam.
  5. Gunakan cutter untuk meratakan tonjolan lem yang tidak merata. Dengan demikian, bak mandi anda sudah dapat digunakan kembali.
  6. Agar tambalan menjadi lebih kuat, maka isi kembali bak mandi sehari setelah perbaikan. Agar air tidak meluap dan rembes ke bagian struktur penyangga bak, maka berikan lem silikon pada pinggiran bak yang menempel ke struktur penyangga.

Cara di atas merupakan cara yang paling mudah dan sederhana untuk membetulkan bak mandi yang bocor. Namun bila kebocoran masih tetap berlanjut, maka anda membutuhkan ahli yang sudah berpengalaman untuk membetulkan bak mandi yang bocor.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *