Tips Merawat Beton yang Baru Dibuat

Saat ini kebanyakan bangunan sudah menggunakan material beton. Beton kini menjadi pilihan karena dalam biaya pembuatanya lebih sedikit dan memiliki kualitas material yang lebih baik. Selain itu, beton juga sanggup untuk menahan beban yang sangat berat sesuai dengan kemampuan strukturnya. Yang terpenting ialah memperhitungkan secara matang dalam perencanaan kualitas beton yang akan digunakan.

Tujuan melakukan perawatan pada beton yaitu agar mutunya selalu terjaga, kuat serta kokoh dan tahan lama, sehingga dapat menopang beban yang ada di atasnya. Berikut ini ialah beberapa ulasan tentang cara merawat beton yang baru saja selesai dibuat, yaitu:

Sirami Air dengan Teratur

Kualitas beton akan jauh lebih baik lagi apabila proses pengeringannya terjadi secara perlahan-lahan. Beton yang terlalu cepat mengering akan menimbulkan keretakan pada strukturnya. Agar terhindar dari keretakan, maka anda bisa membuatnya mengering secara alami. Salah satu caranya ialah dengan menyiraminya dengan menggunakan air. Siramilah sekujur beton dengan teratur selama 5 – 7 hari secara berturut-turut.

Tutupi Menggunakan Kain

Salah satu kunci utama agar proses pengeringan pada beton dapat berjalan sesuai dengan baik yaitu dengan menjaga kondisi udara di sekeliling beton tetap lembab. Bila saat musim kemarau, menyiraminya dengan air saja tidak cukup sebab air akan menjadi lebih mudah menguap karena terkena panas matahari yang menyengat. Solusinya ialah dengan menutupi permukaan beton dengan menggunakan air basah. Anda bisa menggunakan kain goni dalam menjalankan cara ini. Tutupilah beton menggunakan kain goni, kemudia semprotkanlah dengan menggunakan air hingga menjadi basah.

 Lindungi Memakai Membran

Di pasaran kini sudah tersedia penutup khusus berupa membran yang biasanya digunakan untuk melindungi beton dari terpaan hujan. Apabila beton yang baru saja selesai terkena air hujan secara langsung maka akan terjadi membentuk menjadi cekungan. Bahkan bila intensitas hujannya cukup deras, maka akan mampu membuat lubang pada struktur beton hingga bisa tembus mencapai tulang baja. Maka pasanglah memban khusus tersebut untuk melindungi beton hanya saat cuaca sedang mendung untuk berjaga-jaga jika turun hujan.

Pengeringan dengan Uap

Beberapa bangunan beton mungkin tidak bisa mendapatkan sinar matahari karena posisinya yang tidak menguntungkan. Misalnya seperti berada di ruangan bawah tanah. Tanpa adanya panas matahari, tentunya proses pengeringan beton tersebut menjadi kurang maksimal. Solusinya yaitu dengan mengeringkan beton dengan menggunakan energi panas dari uang.

Bongkar Bekisting Hati-hati

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan oleh tukang yaitu membongkar bekisting terlalu cepat. Akibatnya ialah struktur bangunan akan menjadi tidak mulus dan mengalami kerusakan pada pinggirannya. Agar hasil yang buruk tidak terjadi lagi, maka anda harus memastikan jika beton sudah cukup untuk dibongkar. Pada saat pembongkaran, maka usahakan kondisi bekisting pada keadaan masih basah sehingga mencegah terbukanya sambungan-sambungan yang ada.

Demikian beberapa tips dalam merawat beton yang baru selesai dikerjakan. Terimakasih sudah mampir ke blog ini. Semoga bermanafaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *