Tips Menghindari Bocor Saat Musim Hujan

Sewaktu musim penghujan, bocor merupakan masalah yang mungkin sering rumah anda alami. Air hujan dapat merembes masuk ke dalam rumah dengan berbagai cara. Oleh sebab itu, perlu adanya penanganan cepat agar rumah terhindari dari kebocoran.  Untuk lebih memudahkan, berikut ini beberapa ulasan yang dapat anda ikuti sebagai upaya preventif dalam menghindari kebocoran pada musim penghujan, yaitu sebagai berikut ini:

Kemiringan atap

Swaktu membangun rumah, maka kondisi atap sebaiknya dirancang dengan kemiringan 30 – 40 derajat. Kemiringan tersebut merupakan kemiringan yang tepat untuk menghindari air menggenang di bagian atap. Untuk mengurangi kebocoran maka anda juga bisa mengurangi adanya sambungan atap, karena sambungan atap memiliki potensi besar terjadinya kebocoran.

Perhatikan juga bubungan atap

Bubungan atap merupakan bagian atap yang memiliki potensi keretakan yang besar. Bila hal tersebut terjadi pada rumah anda, maka segeraperbaiki dengan memberikan kawat kasa dan dilapisi dengan menggunakan cat anti air. Bila keretakannya besar, maka sebaiknya anda perlu membobolnya terlebih dahulu baru kemudian memplester kembali bagian yang telah dibobol tersebut. Selain memperhatikan bagian yang retak, anda juga perlu memperhatikan agar plafon tidak lemab. Plafon yang lembab akan cenderung mudah mengalami pelapukan dan menyebabkan roboh. Selain itu, kayu yang terkena air dalam waktu yang lama akan menjadi tempat yang paling disenangi oleh rayap. Pada bagian atap asbes, jangan lupa untuk melapisi paku baut dengan karet dan dipelingkut di area pakunya. Setelah itu, baru anda bisa mengebornya. Dengan cara itu, air tidak akan rembes melalui celah lubang paku.

Selesaikan masalah air rembes

Selain atap, bagian rumah yang sering menjadi korban saat hujan ialah dinding. Untuk menghindarinya, maka anda perlu membuat sistem penyaluran air hujan dengan menggunakan talang air. Pemasangan talang sebaiknya dipasang terlebih dahulu. Setelah pemasangan talang, maka dinding luar sebaiknya diberikan lapisan weathershield untuk menghindari jamur menempel. Bila jamur terlanjur hinggap pada dinding, maka segera hilangkan dengan mengeroknya dan cat kembali dengan cat khusus anti air. Bila dinding anda dihiasi dengan batu alam, maka vernis dengan menggunakan lapisan anti jamur setiap enam bula sekali.

Pintu dan jendela

Saat musim hujan datang, tentunya ada kemungkinan besar air hujan merembes melalui pintu dan jendela. Salah satu cara untuk menanganinya ialah dengan membangun teras tertutup sebelum pintu masuk. Dengan begitu, air hujan tidak langsung mengenai pintu secara langsung. Sedangkan pada bagian jendela anda juga bisa membangun atap yang lebar atau menggunakan canopi agar untuk melindungi jendela dari air hujan.

Demikianlah beberapa tips yang bisa anda lakukan sebagai upaya preventif menangani kebocoran rumah pada musim penghujan. Semoga tips-tips di atas dapat bermanfaat untuk anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *