Tips Memperbaiki Wastafel Bocor

Wastafel merupakan suatu benda yang sering digunakan dalam rumah, sehingga sangat wajar jika risiko kebocorannya besar. Terdapat beberapa penyebab kebocoran pada wastafel, bisa disebabkan oleh adanya retakan pada wastafel atau terjadi kebocoran pada sambungan pipa. Selain itu kebocoran pada wastafel juga diakibatkan karena banyaknya kotoran yang menumpuk sehingga mengakibatkan sulitnya air mengalir menuju pembuangan. Bagian wastafel yang sering mengalami kerusakan ialah pada avor wastafel yang retak atau pecah akibat banyaknya beban tumpukan diatas wastafel.

Banyaknya kotoran yang masuk pada pipa menyebabkan sumbatan dan menghalangi air yang akan mengalir ke kebawah menuju selokan. Jika pemasangan saluran wastafel dengan menggunakan sistem tanam di dalam dinding, maka salah satu caranya yaitu dengan menggunakan kompressor untuk membantu memperlancarnya. Namun bila tidak tertanam di dinding maka anda bisa menggunakan selang atau alat sederhana lainnya.

Sumbatan yang tidak segera diselesaikan maka akbibatnya akan fatal, sebab saluran akan semakin tersumbat kotoran dan semakin lama akan mengumpal dan keras. Jika hal tersebut terjadi, maka kemungkinan kotoran akan lebih sulit untuk di bersihkan.

Oleh sebab itu, untuk menghindari kebocoran wastafel yang diakibatkan karena sumbatan, maka ikutilah beberapa caranya sebagai berikut:

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan ialah dengan membuka terlebih dulu avor wastavel dengan hati-hati. Jika dilepas dengan terlalu kencang maka avor wastafel akan pecah.
  2. Setelah membuka avor wastafel, berikutnya kita dapat melepas bagian per bagian tutup avor wastafel.
  3. Kemudian bersihkan avor wastafel dengan menggunakan air. Atau juga bisa menggunakan obeng (-) kecil agar bisa menjangkau sela-sela yang sulit dijagkau oleh tangan.
  4. Setelah bersih, keringkan avor wastafel menggunakan lap atau tisu. Setelah itu, pasang kembali secara perlahan pada wastafel. Saat pemasangan jangan lupa menggunakan selotip agar lebih rapat.

Agar terhindar dari kerusakan selanjutnya, maka sebaiknya untuk melakukan perawatan serta pengecekan secara berkala. Semoga tips yang telah diberikan di atas dapat bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *