Tips Memilih Genteng Untuk Rumah Idaman Anda

Seperti yang kita tahu, genteng ialah material penutup atap rumah yang fungsinya melindungi penghuni rumah dari  terik matahari, hujan, angin, binatang buas dan sebagainya. Disamping itu pula, genteng juga memiliki fungsi sebagai tampilan fasade suatu bangunan yang bisa menampilkan konsep rumah.

Dalam pemilihan jenis genteng rumah, sebenarnya sangat dipengaruhi oleh konsep rumah yang ingin dibangun. Beberapa hal yang menentukan pemilihan genteng ialah dilihat dari beberapa hal, seperti konsep rumah, kualitas genteng, budget pembangunan, dan masih banyak lagi. Berikut ini kami akan lebih membahas tentang beberapa jenis genteng yang ada di pasaran, silahkan simak berikut ini.

Genteng keramik

Genteng keramik merupakan jenis genteng yang berbahan dasar seperti keramik pada biasanya. Finishing yang diguakan ialah proses finishing glazur. Beberapa kelebihan pada genteng keramik ini ialah tahan lama, kuat, pilihan warna yang beragam, dan memiliki sistem interlock sehingga mudah dalam pemasangannya. Namun, genteng keramik juga memiliki kekurangan yaitu dalam pemasangan harus dilakukan dengan sangat teliti serta kemiringan atap minimal 30 derajat agar air hujan dapat mengalir dengan lancar.

Genteng tanah liat

Seperti namanya, genteng tanah liat terbuat dari tanah liat yang melalui proses pembakaran. Sama seperti genteng keramik, sistem pemasangannya juga dengan menggunakan sistem inter locking. Selain itu kelebihannya dari harganya yang murah, ringan namun kuat. Sedangkan kekurangannya ialah mudah berlumut jika tidak dilapisi cat.

Genteng Beton

Genteng beton merupakan genteng yang terbuat dari pasir, semen dan fly ash yang dicampur menggunakan air serta dicetak lalu dikeringkan. Tujuan mencampurkan fly ash ialah sebagai filter celah-celah kecil dalam campuran pasir, sehingga genteng beton menjadi lebih kuat dan padat. Terdapat dua jenis genteng beton yaitu genteng bergelombang dan dan genteng flat, namun bagi anda yang ingin memiliki konsep rumah yang minimalis maka jenis genteng flatlah yang sangat cocok.

Genteng Metal

Genteng metal ialah jenis genteng yang memiliki karakter bahan mirip dengan seng lembaran. Biasanya, jenis genteng metal ini memiliki panjang sekitar 1.2 m – 2 m dan lebar antara 0.6 m – 1.2 m serta tebal 0.3 mm. Banyak yang memilih genteng metal ini karena memiliki beragam kelebihan seperti bobotnya yang ringan, warnanya beragam, hemat, serta cepat dalam pemasangannya. Bila anda ingin memilih genteng metal untuk rumah idaman anda, maka disarankan menggunakan tukang yang berpengalaman karena dalam pemasangannya butuh ketelitian tinggi agar hasilnya rapi.

Genteng kaca

Seperti yang kita tahu, genteng kaca merupakan genteng yang terbuat dari kaca yang dapat tembus cahaya. Pemasangan genteng kaca ini biasanya untuk tujuan tertentu seperti sebagai penerus cahaya ke dalam ruangan yang tidak menggunakan plafond. Sehingga jenis genteng ini tidak digunakan untuk keseluruhan pada atap rumah.

Selain menyesuaikan dengan anggaran pembangunan, pemilihan jenis genteng juga perlu disesuaikan dengan konstruksi bangunan rumah anda. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *