Tips Memilih Batu Bata yang Berkualitas

Batu bata merupakan salah satu material penting dalam suatu bangunan. Sebagian besar bangunan di Indonesia menggunakan batu bata sebagai material pembangunnya. Walaupun kini sudah tersedia hebel sebagai batu bata, namun bagi sebagian masyarakat masih memilih menggunakan batu bata karena memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, agar bangunan kokoh dan tahan lama, anda perlu memilih batu bata yang berkualitas.

Batu bata yang memiliki kualitas yang baik yaitu batu bata yang diproduksi dari pabrik atau batu bata yang melalui proses press. Walaupun demikian, bukan berarti batu bata buatan konvensional atau tradisional tidak berkualitas baik. Secara penampakan fisik, biasanya batu bata yang baik menghasilkan suara yang nyaring ketika diketuk. Dapat juga di cek dengan cara menggesekan potongan besi pada batu bata, bila muncul suara yang nyaring maka batu bata tersebut berkualitas baik dan bagus untuk pembangunan. Suara yang nyaring tersebut menunjukkan bahwa batu bata kuat dan kokoh.

Selain dapat didengar melalui suaranya yang nyaring, memilih batu bata juga bisa melalui percobaan yaitu dengan merendamnya di dalam air. Ambil 1 batu bata dan timbang bata tersebut, setelah itu batu bata direndam dalam air selama 24 jam, kemudian timbang kembali. Dan hitung selisih hasi timbangan setelah direndam dan sebelum direndam maka dapat dihitung jumlah daya serap air. Batu bata yang baik tidak menyerap lebih dari sepersepuluh jumlah air.

Anda juga bisa mengecek dengan membelah batu bata menjadi dua. Bila bagian dalam belahan batu bata tersebut berwarna merah merata maka bisa dipastikan batu bata tersebut baik, karena sudah matang pada saat pembakaran.

Demikian beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengetahui mana batu bata yang berkualitas baik dan tidak. Jangan sampai salah memilih batu bata dapat menimbulkan resiko pada bangunan anda. Semoga artikel diatas bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *