Tips Membersihkan Nat Keramik yang Kotor

Nat merupakan celah yang letaknya diantara keramik. Fungsi nat ialah untuk mengunci atau menguatkan sambungan antar keramik. Bahan yang biasanya dijadikan sebagai nat ialah grout sealer, semen atau semen putih. Karena keramit letaknya ada di bawah, maka tak heran bila nat menjadi mudah sekali kotor sehingga terlihat kusam bahkan menghitam. Walaupun lantai keramik sudah sering anda bersihkan dengan cara mengepelnya, namun hal tersebut tidak berpengaruh pada nat yang masih terlihat kotor.

Agar lantai keramik anda terlihat bersih, tentunya anda juga perlu membersihkan sambungan keramik. Sebenarnya tidak sulit untuk mengembalikan warna nat menjadi sedia kala yaitu dengan mengikuti beberapa tips berikut yang bisa sangat mudah dan ampuh, yaitu:

Baking Soda

Selain digunakan sebagai bahan membuat kue, ternyata baking soda juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembersih pada nat keramik. Caranya sangatlah mudah, yaitu buatlah adonan pasta yang terdiri dari campuran baking soda dan sedikit air. Aduklah sebentar agar kedua bahan tersebut tercampur rata. Kemudian aplikasikan pasta tersebut pada nat keramik yang kotor hingga tertutup semua. Biarkan selama satu hingga dua jam. Setelah itu anda bisa membilasnya dengan menggunakan air bersih.

Asam Sitrat

Asam sitrat atau yang biasa dikenal dengan citrun meupakan bahan yang sangat ampuh dalam mengangkat kotoran membandel pada nat. Caranya yaitu dengan melarutkan sebungkus serbuk asam sitrat ke dalam sebuah gelas kaca. Kemudian aplikasikan larutan tersebut dengan menggunakan kuas pada seluruh permukaan nat. Biarkan beberapa lama agar asam sitrat bekerja dengan maksimal. Setelah itu bilaslah dengan air bersih dan lihatlah hasilnya.

Cuka

Cuka meruapakan salah satu penyedap rasa yang biasanya kita temui di meja makan ataupun di dapur. Ternyata cuka juga bisa juga dimanfaatkan untuk membersihkan nat keramit yang kotor. Caranya yaitu, tuangkan cuka tepat pada permukaan nat keramik yang kotor. Kemudian gunakan sikat gigi yang sudah tidak terpakai untuk menggosok permukaan nat yang telah diberi cuka.  Sikatlah hingga bersih, lalu bilas menggunakan air. Cara ini memang jarang digunakan karena aroma pada ruangan akan menjadi asam dan agak menyengat.

Selain dibersihkan, nat harus dirawat pula supaya kondisinya tetap terlihat menarik. Nat yang tampak cekung dan rusak tentu akan mengurangi pesona dan keindahan dari keramik. Oleh karena itu, anda perlu melapisi ulang nat menggunakan grout. Semoga tips diatas bisa sangat bermanfaat bagi anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *