Solusi Atap Rumah Bocor

Saat musim penghujan datang, pastinya terdapat dua hal yang perlu anda waspadai yaitu bencana banjir dan kebocoran pada atap rumah. Bagi beberapa daerah yang bebas banjir mungkin tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Karena tidak semua perumahan atau pemukiman berpotensi terkena musibah banjir. Namun, hampir semua rumah memiliki potensi mengalami kebocoran pada atap.

Banyak hal yang dapat menyebabkan kebocoran pada atap rumah, seperti atap yang retak, genteng yang bergeser atau sudah lapuk atau tua. Sehingga, saat musim penghijan datang air hujan bisa menetes melalui celah-celah pada atap. Tentunya masalah ini harus segera diatasi, sebab bila tidak segera dibenahi maka kebocoran akan semakin besar sehingga dapat menambah kerepotan.  Agar hal tersebut tidak terjadi, berikut ini terdapat beberapa solusi atap rumah bocor bagi hunian kesayangan anda :

Menggunakan Water Proofing

Water proof merupakan salah satu material yang sudah sangat akrab di telinga. Selain sebagai pelapis pada dinding, water proof juga dapat diaplikasikan pada atap rumah, salah satunya yang berbentuk liquid ataupun powder. Caranya sangatlah mudah, hal pertama yang perlu anda lakukan ialah mengecek bagian atap rumah mana yang sebelumnya pernah mengalami kebocoran. Setelah menemukan letak persisnya, maka anda bisa segera melapisinya dengan water proof. Lakukanlah sebelum musim penghujan datang agar hasilnya maksimal.

Merancang Atap yang Miring

Bagian atap yang datar atau biasa disebut dengan dak memang bisa menjadi salah satu faktor terjadinya kebocoran. Hal tersebut karena atap datar membuat air menjadi lambat turun ke permukaan tanah dibandingkan dengan atap yang miring sehingga menjadi genangan di atap. Genangan air hujan yang berlangsung lama di bagian atap bisa menjadi cikal bakal kebocoran. Untuk mengatasi hal ini, maka anda bisa mendesain ulang atap menjadi miring. Dengan demikian air hujan akan lebih cepat turun ke bawah sehingga tidak menyebabkan kebocoran pada atap.

Mengecek Komposisi Campuran Pada Saat Proses Pengecoran

Kebocoran atap rumah juga bisa disebabkan oleh keretakan pada atap dak. Selain menyebabkan kebocoran, keretakan pada dak rumah juga dapat membuat rumah menjadi lembab sehingga tumbuh jamur pada dinding. Solusinya ialah dengan melapisi kembali keretakan pada atap dak tersebut. Selain itu, untuk kedepannya anda juga perlu memperhatikan komposisi pada saat pengecoran. Sebab keretakan pada dinding dan atap dak juga bisa disebabkan oleh kesalahan komposisi pengecoran.

Mengalirkan Air yang Bocor Ke Tempat yang Lain

Bagian atap rumah yang bocor memang seringkali tidak bisa disangka-sangka. Agar mudah dalam memperbaikinya, maka saat hujan turun dan kebocoran atap terjadi, anda perlu memberi tanda pada bagian yang bocor tersebut. Setelah hujan reda, maka anda bisa menyiapkan ember yang berukuran sedag dan pipa air berukuran secukupnya untuk mengalirkan air ke tempat lain.  Letakkan ember di bawah bagian rumah yang bocor. Setelah itu, lubangi ember agar air yang berada di dalamnya bisa disambungkan dan dialirkan ke dalam pipa. Anda bisa memilih bagian mana di rumah anda yang akan dialirkan airnya ke bagian luar rumah seperti taman atau tempat lainnya. Cara ini bisa dilakukan bila sumber kebocoran terlalu sulit dijangkau dan anda tidak memiliki waktu untuk memperbaikinya.

Dari beberapa tips yang telah di sebutkan di atas, anda bisa memilih cara mana yang sesuai dengan kebutuhan serta kondisi kebocoran pada atap rumah anda. Hal yang terpenting ialah selalu lakukan pengecekan berkala agar anda tidak mengalami kerepotan saat hujan datang. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *