Penyebab dan Cara Mengatasi Retak Rambut Pada Dinding Rumah

Bila anda perhatikanbaik-baik, pastinya selalu saja ada kerusakan kecil pada elemen rumah anda. Misalnya saja kerusakan akibat retak rambut pada dinding. Dinding rumah merupakan salah satu elemen penting pada rumah, selain berfungsi sebagai penopang dinding juga berfungsi untuk menambah kesan pada rumah anda. Bila dinding rumah anda terlihat rapi, bersih dan tanpa adanya retakan otomatis akan memberikan kesan rumah anda menjadi lebih nyaman. Namun karena proses pengerjaan yang kurang tepat, menyebabkan kerusakan-kerusakan kecil pada dinding rumah anda misalnya kasus retak rambut.

Penyebutan retak rambut karena keretakan hanya selebar kurang dari 1 mm (perumpamaan dari ketebalan rambut) dan biasanya tidak sampai menembus separuh tebal dinding. Kerusakan paling parah dari retak rambut hanya sampai menembus plesteran, sehingga digolongkan pada kerusakan kecil bangunan rumah. Anda cukup memperbaikinya, tidak perlu sampai melakukan renovasi rumah

Penyebab retak rambut

Penyebab retak rambut pada dinding rumah dikarenakan beberapa penyebab, yaitu antara lain:

  • Saat proses plesteran, komposisi (campuran) adukan semen, pasir, dan air tidak dalam takaran perbandingan yang pas atau pengadukannya kurang sempurna, akibatnya pada saat plesteran mengering maka terjadi penyusutan yang menyebabkan keretakan.
  • Proses acian saat plesteran belum betul-betul mengering. Sehingga pada saat plesteran mengering terjadi dehidrasi, akibatnya acian akan mengalami keretakan karena tidak mampu menahan tekanan uap air dari dalam yang mencari jalan untuk keluar ke udara bebas
  • Pengerjaan acian sudah dilakukan pada waktu yang tepat dimana plesteran sudah mengering sempurna namun tidak dilakukan pembasahan pada plesteran yang bertujuan mengikat acian dengan plesteran agar merekat sempurna. Akibatnya acian tidak merekat sempurna pada plesteran dan dapat menjadi penyebab retak rambut pada dinding rumah Anda.
  • Bisa juga retak rambut terjadi diakibatkan oleh alam seperti gempa bumi

Apabila di salah satu dinding rumah anda terdapat retak rambut, berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan dalam mengatasinya, yaitu sebagai berikut:

Cara mengatasinya

  1. Kerok seluruh permukaan cat yag terkena retak bisa memakai kapi atau sikat besi.
  2. Kemudian amplas seluruh cat memakai amplas yag paling kasar agar permukaan acian terlihat.
  3. Bersihkan dinding dari kotoran dan debu dengan memakai lap basah sekalian membasahi dinding agar lembab.
  4. Gunakan wall filler untuk menutup pada bagian retak. Wall filler sudah tersedia di semua toko bangunan. Alternatif lain, anda bisa menggunakan semen khusus atau semen nat pada keramik lantai.
  5. Setelah celah-celah tertutup kemudian tunggu selama 7 hari agar wallfiller benar-benar mengering
  6. Setelah kering sempurna, Dinding dicat plamir.
  7. Setelah plamir kering maka lakukan pengerjaan pengamplasan agar permukaan dinding lebih halus.
  8. Lakukan pengecatan memakai cat dasar.
  9. Lakukan pengecatan dengan warna sesuai selera atau disamakan dengan cat warna tembok sebelumnya. Gunakan yang sesuai agar hasilnya memuaskan.

Dalam proses pengerjaannya, anda dapat meminta bantuan tukang yang telah berpengalaman.

Demikian tips yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *