Penyebab Atap Rumah Bocor dan Solusinya

Atap merupakan bagian yang sangat penting pada rumah. Atap yang bermasalah seperti atap bocor dan kerusakan lain pastinya akan menimbulkan suatu ketidak nyaman pada penghuni rumah. Terdapat beberapa permasalahan yang sering terjadi pada atap rumah. Berikut ini beberapa masalah pada atap dan cara untuk menanganinya:

Atap yang Terlalu Landai

Derajat kemiringan atap memang wajib untuk diperhatikan. Hal ini bertujuan agar air dapat segera mengalir ke bawah. Atap yang landai dapat menyebabkan air menjadi lambat untuk turun dan akan berkumpul dalam beton sehingga menyebabkan rembesan pada dinding. Untuk memperbaikinya, maka atap perlu didesain ulang dengan mengikuti syarat kemiringan yang ideal yaitu 30 – 40 derajat. Ukuran kemiringan tersebut merupakan batas ideal bagi rangka atap agar dapat memegang penutup atap dengan sempurna, sehingga air dapat segera meluncur ke tanah. Seliknya, jika atap terlalu curam maka dapat membuat genteng menjadi merosot.

Atap Bocor

Salah satu kerusakan atap yang sering terjadi ialah kebocoran. Kebocoran sering terjadi bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal, seperti kurang perawatan atau karena memang karena faktor usia. Perawatan atap yang wajib dilakukan ialah dengan melakukan pemeriksaan pada setiap bubungan, pertemuan antara atap dan juga talang. Perubahan cuaca yang tidak menentu dan ekstrem dapat membuat genteng menjadi mudah pecah dan semen pada bubungan retak. Oleh sebab itu, maka perlu melapisi sambungan genteng, bubungan dan talang dengan waterproofing.

Rangka Atap Keropos

Selain kebocoran karena faktor cuaca, ternyata kerusakan atap juga dapat disebabkan oleh keroposnya rangka atap yang menyebabkan rembesan air yang menetes dari sela-sela genteng. Cara memperbaikinya yaitu dengan mengganti seluruh rangka atap yang kerusakannya sudah parah, seperti kuda-kuda atau sebagian besar kaso yang keropos. Tetapi bila kerusakan hanya sebagian kecil kaso dan reng saja maka anda tidak perlu memperbaiki keseluruhannya.

Genteng Merosot

Biasanya genteng yang terbuat dari bahan tanah liat dirancang dengan sudut 27,5 – 40 derajat. Apabila sudut pemasangan tidak sesuai, maka menjadi celah untuk jalan masuknya air. Sedangkan celah-celah genteng yang dibuat sebenarnya untuk mengantisipasi pemuain pada keping genteng dan juga berfungsi sebagai ventilasi udara. Pada setiap kepingan genteng juga sebaiknya dipaku pada reng yang berada tepat di bawahnya agar genteng tidak merosot.

Demikianlah beberapa hal yang menyebabkan atap bocor pada rumah anda. Beberapa hal di atas dapat menjadi acuan bagi anda dalam melakukan perawatan secara berkala agar terhindar dari kerusakan atap yang semakin parah. Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *