Macam-macam Talang Air

Macam-macam Talang Air

Talang air merupakan salah satu bagian penting pada suatu bangunan. Walau bentuknya tidak terlalu dominan namun fungsi dan kegunaanya sangat penting. Talang air berfungsi sebagai tempat penampungan sementara serta penyaluran air hujan menuju ke tanah. Karena sebagai penyalur air hujan menuju ke tanah, maka biasanya talang air terletak di bagian atas atau atap rumah.

Seiring dengan perkembangan inovasi bangunan, bentuk talang air juga ikut berubah-ubah bentuk. Pada zaman dulu talang air lazimnya terbuat dari PVC. Namun sayangnya, bahan tersebut memiliki banyak kekurangan seperti mudah rusak karena cuaca. Cuaca yang sering berubah-ubah membuat talang berbahan PVC mudah melengkug bahkan bisa retak dan menyebkan talang bocor. Walau demikian, talang jenis PVC masih banyak menjadi pilihan karena memiliki harga yang relatif lebih murah.

Selain itu ada pula talang yang berbahan dasar galvanis. Secara harga relatif lebih mahal dibandingkan dengan bahan dasar plastik namun secara kualitas yang lebih baik. Kekuatannya relatif lebih lama karena galvanis merupakan bahan yang lebih kuat dibanding dari alumunium, sehingga bebas karat walaupun terpapan perubahan cuaca yang ekstrem. Bagi kalangan menengah keatas talang galvanis banyak menjadi pilihan, selain memiliki tahan bocor, talang jenis ini juga memiliki keindahan yang bisa menambah kesan elegan pada rumah.

Selain berbahan dasar PVC dan galvanis, kini mulai banyak perumahan yang menggunakan talang air dengan model dak. Model dak disinyalir memiliki ketahanan yang lebih lama dibandingkan dengan dua model lainnya. Talang air model ini hanya perlu perawatan dan tidak memerlukan pergantian. Bila mengalami kebocoran dapat dilihat dari faktor pembuatan yang kurang baik yang menyebabkan keretakan.

Dibalik beberapa jenis bahan dasar talang yang banyak dipasaran, masalah yang sering terjadi pada talang adalah kebocoran. Masalah kebocoran dapat dihindari bila dilakukan perawatan rutin. Namun bila sudah terjadi kebocoran, berikut ini terdapat hal-hal yang bisa dilakukan.

Lakukan Pengecekan

Kebocorang talang sering kali terjadi pada talang berjenis PVC, sebelum memperbaikinya perlu di lakukan pengecekan pada sambungan talang terlebih dahulu seperti pada ujung sambungan talang. Bila saat pengecekan dirasa masih baik, maka sambung kembali dengan menggunakan lem PVC yang berkualitas baik. Pengecekan juga bisa dilihat ketika hujan datang. Kebocoran talang akan lebih mudah terlihat ketika ada aliran air yang melewati talang yang bocor.

Perbaikan

Bila sudah dilakukan pengecekan maka langkah berikutnya adalah dilakukan perbaikan. Perbaikan bisa dilakukan pada talang air yang mengalami kerusakan yang tidak terlalu parah. Bisa menggunakan Pada talang jenis galvanis seringkali sulit sering kali sulit menemukan titik kebocorannya. Bila hal tersebut terjadi maka  cara yang relatif mudah dengan cara mengoleskan adonan lem yang terbuat dari campuran gabus dengan bensin atau minyak tanah. Bagi talang air model dak beton perbaikan yang dapat dilakukan dengan cara pemberian waterproofing khusus dak beton.

Pergantian

Pergantian talang air biasanya dilakukan pada talang air yang mengalami kerusakan yang parah. Talang air yang sudah melengkung, retak bahkan keropos wajib dilakukan pergantian. Untuk menghindari pergantian baru lagi maka perlu memperhatikan ukuran serta jenis talang yang akan digunakan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *