Macam – Macam Jenis Pasir Dan Fungsinya

Pasir merupakan salah satu bahan material bangunan yang memiliki kegunaan yang sangat penting. Tanpa adanya pasir, sebuah bangunan mungkin tidak akan bediri dengan kokoh dan nyaman untuk di huni. Banyak pasir yang tersedia di Indonesia, namun sayangnya tidak semua jenis pasir cocok untuk dijadikan sebagai bahan bangunan. Hanya pasir yang memiliki agregat yang terbaik saja yang bisa menjadi bahan material bangunan, karena pasir beragregat bahan yang bisa merekat dengan baik.

Dalam setiap pasir, memiliki kandungan yang berbeda-beda. Hal tersebut dapat terlihat dari warnanya yang berbeda satu sama lain. Biasanya untuk menentukan jenis pasir yang cocok atau tidak untuk material bangunan, kita bisa menentukannya dari warna pasir dan tingkat kekasaran pada butiran pasir. Agar lebih memudahkannya, berikut ini terdapat beberapa jenis pasir yang biasa digunakan sebagai bahan material bangunan, yaitu:

Pasir Beton

Pasir beton biasanyanya berwarna hitam pekat dan tingkat kehalusan nya butiran nya cukup tinggi. Saat kita mencoba menggenggamnya, maka tidak akan menggumpal dan akan buyar kembali. Jenis pasir ini sangat baik untuk pengecoran , plesteran dinding , adukan pondasi dan adukan pasangan bata.

Pasir Pasang

Pada pasir pasang ini memiliki tingkat kekasaran yang lebih rendah atau bisa dibilang lebih halus dibandingkan dengan pasir beton . Bila anda mengepal pasir ini maka akan menggumpal dan tidak akan buyar kembali. Pasir pasang pada  umumnya digunakan untuk campuran pasir beton agar tidak terlalu kasar dan dapat di gunakan untuk plesteran dinding.

Pasir Elod

Diantara pasir diantara ke dua pasir yang telah disebutkan di atas, pasir elod adalah pasir yang  lebih halus lagi , bila anda mengepalnya maka akan menggumpal dan tidak akan buyar lagi. Namun walaupun memiliki tingkat kehalusan yang tinggi, pasir jenis ini tidak cocok untuk dijadikan sebagai bahan bangunan dan pasir ini biasanya digunakan gunakan untuk bahan pembuatan batako.

Pasir Merah

Sebenarnya pasir ini nyaris sama dengan pasir beton, namun akan tetapi pasir ini memiliki tingkat kekasaran yang tinggi.  Butiran – butirannya yang cukup besar dan agak banyak batuannya sehingga pada umumnya pasir jenis ini sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan pengecoran.

Dengan mengetahui beberapa macam jenis pasir yang sering digunakan untuk bahan material bangunan, maka anda tidak akan salah memilihnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *