Kelebihan Menggunakan Semen Instan

Menggunakan semen instan sebagai material bangunan saat ini memang sudah menjadi pilihan. Semen yang bernama lain mortar ini dapat menghasilkan kekuatan serta ketahanan yang lebih kuat dibandingkan dengan menggunakan semen konvensional. Selain memiliki kualitas yang lebih baik dibanding dengan semen konvensional, dalam penggunaanya mortar juga lebih efisien sehingga tidak membutuhkan banyak waktu serta bisa menghemat anggaran. Hal ini dikarenakan alam pembuatan adonannya, tidak perlu menambahkan pasir dan hanya perlu menggunakan air sesuai dengan kadar yang dibutuhkan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa perbandingan antara semen konvensional dan semen instan, diantaranya yaitu:

Lebih Praktis

Dalam menggunakan semen instan, anda hanya perlu menambahkan air dalam jumlah tertentu dan kemudian diaduk hingga rata. Dengan demikian, anda tidak perlu lagi untuk membeli pasir dan semen secara terpisah, sehingga anda akan memiliki waktu jeda antara proses pemasangan bata, plester, pengacian serta pengecatan.

Jaminan Kualitas Bahan Baku dan Konsistensi Mutu Material

Mortar sendiri terdiri dari bahan baku yang telah memalui proses quality control dengan standar yang tinggi. Dalam pembuatannya, semen ini menggunakan mesin sehingga menghasilkan adukan yang homoger sesuai dengan komposisi yang telah direncanakan. Hal ini, tentunya akan sangat berbeda dengan adukan semen yang dibuat secara tradisional dengan takaran yang konvensional, sehingga terkadang hasilnya tidak sama dengan yang lainnya.

Menghemat Waktu dan Biaya

Dalam proses pembuatannya, adukan semen mortar juga dapat dilakukan dengan lebih cepat sehingga tidak membutuhkan banyak material lain dalam membuat lapisan dinding. Pembuatan yang lebih efisien, otomatis sangat berpengaruh pada pada penghematan biaya selanjutnya.

Daya Rekat yang Lebih Tinggi

Jika digunakan sebagai bahan perekat keramik atau nat, semen instan memiliki data rekat yang lebih tinggi serta mampu menopang beban yang diterima oleh dinding. Maka ada baiknya jika anda ingin menghias dinding anda menggunakan keramik atau mozaik maka anda bisa menggunakan semen instan sebagai bahan perekat serta natnya.

Tentunya, kelebihan semen instan sebagai material bangunan sangatlah banyak, sehingga dapat membantu anda dalam mengefisienkan pembangunan rumah anda. Dengan menghemat waktu serta biaya, maka anda dapat segera menempati rumah idaman anda. Demikian ulasan tentang kelebihan semen instan dibandingkan dengan semens konvensional. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *