Kelebihan dan Kekurangan Plywood Sebagai Bahan Bangunan

Pada artikel kali ini, kami ingin memberikan sedikit penjelasan tentang salah satumaterial bangunan yang cukup sering digunakan, yaitu plywood. Bila diartikan dalam bahasa Indonesia, plywood merupakan kayu lapis atau triplek. Di pasaran, terdapat banyak jenis – jenis triplek, ada yang memiliki banyak lapisan biasanya dikenal dengan sebutan multiplex.

Plywood sendiri merupakan lembaran kayu yang terdiri terbuat dari susunan beberapa lapisan kayu, atau lapisan yang arah seratnya disusun dengan melintang antara lembaran bagian bawaj dengan bagian atas. Dalam proses pelapisan tersebut  menggunakan lem khusus di bawah tekanan yang tinggi sehingga menghasilkan ketebalan tertentu. Lembaran-lembaran tersebut, biasanya dihasilkan melalui proses penguapan kayu log secara rotary. Dari proses inilah maka diperoleh lembaran-lembaran yang panjang dan lebar dengan ketebalan minimal 0.3 mm hingga 3 mm.

Dengan proses pembuatannya yang sedemikian rupa, maka bahan plywood menjadi tahan terhadap risiko pecah ataupun retak, melintir. Semakin tebal lapisannya, maka semakin semakin besar kekuatannya. Dimulai dari ukuran standar yaitu 3mm, 9mm, 12mm.

Pada awalnya, plywood diproduksi karena kebutuhan papan dengan ukuran lebar sangat besar. Dengan keadaan pasar seperti itu, maka banyak pabrik kayu yang memproduksi triplek dan multiplek. Kelebihan plywood sendiri ialah memiliki daya tahan terhadap penyusutan. Berbeda dengan kayu solid biasa yang memiliki penyusutan pada ukuran panjang dan lebarnya.

Berikut ini kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh triplek antara lain :

  1. Triplek ialah produk olahan kayu yang sangat praktis dan sangat mudah untuk dibentuk daripada produk-produk lain yang sejenis.
  2. Triplek memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap penyusutan, sehingga bentuk dan ukurannya tidak mudah berubah.
  3. Terdapat beberapa pilihan ukuran serta ketebalan yang bervariasi, sehingga mudah untuk diaplikasikan pada banyak tujuan.
  4. Triplek memiliki daya tahan yang tinggi terhadap perubahan cuaca ekstrim dan memiliki daya tekuk yang sangat baik dibandingkan dengan produk kayu lainnya.
  5. Triplek memiliki struktur yang kokoh, sehingga baik untuk digunakan pada rangka utama pembuatan furniture.
  6. Triplek bersifat anti air sehingga lebih tahan terhadap air ketimbang jenis-jenis kayu yang lain berkat adanya lapisan keras yang menyelubungi permukaannya.
  7. Triplek dibuat dengan ukuran yang presisi dan seragam, serta tekstur pada lapisan permukaannya pun sangat halus.

Sedangkan, kekurangan-kekurangan triplek yaitu :

  1. Ketahanan triplek akan semakin berkurang bila terpapar cuaca ekstrim secara terus menerus
  2. Triplek kurang cocok digunakan untuk bahan baku pembuatan perabotan rumah tangga.
  1. Saat ingin menggabungkan beberapa lembaran triplek, anda perlu memakai paku tembak agar hasilnya lebih maksimal dan rapi.
  2. Dibutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi untuk melakukan finishing pada triplek agar hasilnya sesuai dengan keinginan.

Demikian beberapa penjelasan tentang plywood. Terimakasih sudah mengunjungi blog kami dan membaca artikel diatas. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk kalian semua.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *