Jasa Tukang Perbaikan Rumah Bocor Semarang : Cara Mudah Mengatasi Kebocoran Pada Atap Rumah

Jasa Tukang Perbaikan Rumah Bocor Semarang : Cara Mudah Mengatasi Kebocoran Pada Atap Rumah

Atap merupakan bagian yang cukup penting dalam suatu bangunan rumah. Dengan adanya atap, maka penghuni rumah akan terhindar dari berbagai perubahan cuaca seperti hujan, panas dan angin. Dapat dikatakan, atap merupakan salah satu bagian pelindung yang penting dalam sebuah bangunan. Sebagai bagian pelindung rumah yang setiap harinya terkena panas dan hujan, pastinya memiliki peluang untuk mengalami kerusakan yang menyebabkan kebocoran. Banyak hal penyebab kebocoran pada atap dan setiap kebocoran pasti memiliki penyebabnya masing-masing. Berikut ini beberapa ulasan tentang  kebocoran atap serta cara memperbaikinya:

Buatlah Ventilasi Udara Yang Cukup

Vetilasi udara yang baik pastinya memiliki dampak yang baik pada atap rumah secara keseluruhan. Pada saat musim kemarau misalnya, udara panas yang mengenai genteng akan terkurung di dalam atap sehingga dapat berpengaruh pada kondisi genteng yang akan mudah rusak. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan membuat ventilasi yang cukup agar udara panas tidak terjeba di atap rumah dan dapat keluar. Buatlah ventilasi dengan menimbang berbagai hal agar nantinya dapat seimbang dan tetap nyaman dipandang.

Membersihkan Tumpukan Sampah Daun Yang Kering

Kebocoran pada atap rumah bisa disebabkan oleh adanya tumpukan sampah-sampah kering yang ada di atap rumah. Sampah kering yang menumpuk tersebut seringkali ditemukan menyangkut dan menyumbat talang air, sehingga dapat menghambat aliran air dan menyebabkan genangan air. Genangan inilah yang nantina dapat menimbulkan kebocoran. Untuk menanggulanginya, maka ada baiknya untuk segera mengecek dan membersihkan sampah-sampah daun tersebut. Lakukan secara berkala agar sampah-sampah daun tidak menumpuk terlalu banyak.

Perbaiki Pipa Saluran Air Beserta Talangnya

Perawatan atap merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk menghindari resiko kebocoran. Salah satu perawatan yang tidak boleh terlewatkan ialah perawatan talang air dan pipa pembuangan air. Perbaikan talang dan saluran air pastinya dilakukan saat kondisi keduanya telah sangat rusak, misalnya seperti keropos dan berlubang. Bila keadaan tersebut dibiarkan saja maka nantinya akan berpotensi aliran air dapat terganggu dan menimbulkan kebocoran pada atap rumah.

Cat Atap Dengan Cat Anti Air

Cara selanjutnya ialah dengan melapisi atap rumah anda dengan menggunakan cat anti air. Saat ini sudah tersedia jenis waterproofing yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Dengan demikian, maka atap rumah anda akan terlindung dari kebocoran saat musim hujan tiba.

Dapat diambil kesimpulan bahwa atap merupakan bagian penting yang memang perlu diperhatikan kondisinya. Dan tak lupa untuk selalu melakukan perawatan secara berkala. Semoga tips di atas dapat memberikan anda gambaran dalam mencegah kebocoran dalam rumah anda. Apabila anda terdapat pertanyaan atau ingin mengkonsultasikan terkait perawatan rumah anda, maka anda bisa hubungi kontak person yang ada di website ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *