Jasa Tukang Perbaikan Rumah Bocor Semarang : Cara Mudah Memperbaiki Talang Bocor

Jasa Tukang Perbaikan Rumah Bocor Semarang : Cara Mudah Memperbaiki Talang Bocor

Talang air merupakan salah satu hal yang wajib ada di setiap rumah. Tanpa adanya talang air akan menjadi masalah tersendiri ketika musim penghujan datang. Sebenarnya, talang air fungsinya untuk mengalirkan air hujan yang jatuh ke atap dan ditampung sementara hingga sampai ke tanah. Awalnya talang air berupa pipa, namun seiring dengan berkembangnya inovasi kini talang air terdapat berbagai macam bentuk dan bahan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahan talang air lazimnya terbuat dari PVC. Namun bahan tersebut memiliki banyak kekurangan seperti dari segi bentuk yang kurang menarik serta ketahanan yang rendah. Jika terkena cuaca panas terus-menerus, kondisinya menjadi mudah melengkung dan retak.

Selain itu, bahan dari plastik juga cepat berubah bentuk dan kusam. Namun dari segi harga, talang hujan dari plastik memang lebih murah. Tak heran jika biasanya talang air plastik ini hanya bisa bertahan sampai satu tahun saja.

Sementara material lain yang sering dipakai adalah galvanis. Menilik harga, memang lebih mahal dibanding plastik. Kelebihannya, bahan galvanis memiliki daya tahan yang relatif lebih lama.

Dibalik kedua jenis material yang umum di pasaran tersebut, talang air punya satu masalah yang kerap dialami pada rumah-rumah, yakni kebocoran.

Sebenarnya masalah ini bisa diminimalisir jika Anda rutin merawatnya. Namun jika sudah terjadi masalah, berikut PerawatanRumah.com akan memberikan beberapa tips untuk memperbaikinya, yaitu:

Ketahui penyebabnya

Sebelum mulai memperbaiki, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa penyebab kebocorannya.

Pada talang air plastik PVC, pemicunya bisa jadi karena ada sambungan yang lepas atau daya rekat lem yang sudah tidak optimal. Seperti kelemahannya, talang PVC yang retak dan berubah bentuk pun menjadi salah satu sebabnya.

Segera perbaiki

Apabila penyebab kebocoran sudah Anda temukan, selanjutnya segera perbaiki kerusakan tersebut agar tidak semakin memperparah keadaan.

Pada sambungan talang PVC yang lepas, Anda perlu membuka bagian sambungannya terlebih dahulu. Jika kondisi ujung talang yang disambung masih baik, rekatkan kembali dengan lem PVC berkualitas.

Sebelum mengelem, jangan lupa untuk membersihkan kedua ujung sambungan dengan ampelas hingga sisa lem yang lama bersih. Lalu beri lem PVC di kedua ujung sambungan hingga tertutup seluruhnya.

Setelah dilem, biarkan kondisinya hingga kering dan benar-benar rekat. Dan, talang air plastik PVC Anda siap dipasang kembali.

Cara alternatif Menggunakan Gabus

Untuk memperbaiki talang jenis galvanis, apabila Anda tidak menemukan penyebab kebocoran, salah satu langkah alternatif ini layak dicoba.

Pertama, potong kecil-kecil atau hancurkan styrofoam alias gabus bekas packing peralatan elektronik. Kedua, siapkan baskom bersih dan tuang minyak tanah untuk merendam potongan gabus tersebut. Tunggu hingga gabus larut.

Setelah teksturnya berubah menyerupai bubur, gunakan kuas atau sendok untuk mengambilnya lalu tuang atau sapukan pada bagian talang yang bocor. Kemudian diamkan. Usahakan melakukan ini saat cuaca cerah tanpa hujan. Nantinya, styrofoam tersebut akan menambal lubang-lubang kecil yang mungkin menjadi penyebab kebocoran.

Ganti Dengan Talang Baru

Agar kesalahan lama tidak terulang kembali, sebelum membeli talang air yang baru maka anda perlu  untuk memerhatikan ukuran dan jenis talang yang lebih tahan terhadap masalah kebocoran. Bila perlu, sebelum memasangnya, lapisi bagian bawah karpet pada talang dengan seng.

Demikian beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki talang air yang rusak dan bocor. Apabila anda kesulitan dalam memperbaikinya sendiri maka anda bisa menghubungi kami untuk mendapatkan layanan perawatan rumah secara profesional. Segera hubungi kontak person yang tersedia dalam website kami.

Semoga artikel di atas bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *