Hal-Hal yang perlu diperhatikan dalam Memilih Genteng

Genteng merupakan salah satu material yang berfungsi sebagai penutup atap yang memiliki manfaat yang besar dalam segi fungsi maupun estetika. Dari segi fungsinya, genteng sangat berguna dalam melindungi rungan dalam rumah dari panas, hujan, angin dan sebagainya. Sedangkan dari hal estetika genteng dapat memberikan kesan sesuai dengan konsep rumah anda.

Dalam memilih genteng, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tidak hanya dari segi estetik saja, namun juga dari segi kualitas material pun perlu diperhitungkan. Saat ini sudah banyak sekali model serta jenis genteng yang tersedia di pasaran sehingga anda dapat memilih genteng sesuai dengan konsep rumah anda. Pada artikel ini, terdapat beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan untuk anda saat ingin membeli genteng. Simak tipsnya berikut ini.

Budget

Hal yang paling penting sebelum memilih jenis genteng ialah menyesuaikan anggaran pembangunan anda. Sebab, dipasaran tersedia banyak jenis dan model genteng terbaru yang memiliki harga yang beragam. Sehingga, diawal anda perlu menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) agar pekerjaan dapat teralokasi dengan dana yang cukup. Dengan menyusun RAB maka anda dapat memilih genteng sesuai dengan kebutuhan dan tidak melebihi anggaran biaya yang telah anda tetapkan.

Kualitas Genteng

Setelah menyusun RAB, maka selanjutnya anda perlu memilih genteng yang baik dengan mempertimbangkan dari segi kualitas bahan. Pastinya, anda mengharapkan bahwa genteng yang terpasang di atap rumah anda memiliki kualitas bahan yang baik sehingga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, anda perlu memperhatikan dari segi pemasangan serta mudah dalam perawatannya. Setiap jenis genteng memiliki parameter yang berbeda dalam menentukan kualitasnya. Misalnya saja, genteng tanah liat memiliki ciri yang tidak ada retakan namun suaranya nayring bila terkena hujan.

Berat Genteng

Selain memilih kualitas genteng, hal yang perlu diperhatikan ialah memilih jenis genteng yang sesuai dengan bobotnya. Hal ini karena sangat berpengaruh pada profil rangka atap yang anda gunakan. Jika anda menggunakan rangka atap baja ringan, maka sangat penting memperhatikan berat genteng yang anda pilih, sebab semakin berat maka rangkanya juga semakin besar dan berpengaruh pada biaya yang tinggi.

Estetika Genteng

Dalam memilih genteng, salah satu hal yang tak kalah penting ialah memperhatikan keindahannya. Nilai estetika dari sebuah bagunan belih banyak ditonjolkan pada bentuk dan warna genteng. Banyak orang yang salah kaprah dalam mengartikan estetika genteng, yaitu banyak yang beranggapan bahwa nilai estetika genteng dengan mengikuti tren saat ini. Padahal, nilai keindahan genteng yang benar merupakan hasil antara kesesuaian antara desain genteng dan konsep rumah anda. Sehingga tidak semua genteng yang sedang tren saat ini sesuai dengan rumah anda. Jika anda masih bingung dalam memilih jenis genteng sesuai dengan estetikanya, maka anda bisa mengkonsultasikannya pada arsitek.

Genteng merupakan bagian rumah yang sangat mudah terlihat karena letaknya berada di atas rumah. Sehingga anda dapat mengikuti tips-tips di atas agar dalam memilih geteng dapat maksimal dan tidak merugikan anda di kemudian hari. Hal yang terpenting ialah faktor kenyamanan anda, jangan sampai anda memilih genteng yang nilai estetikanya baik namun ternyata efeknya membuat hawa rumah anda menjadi panas. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *