Cara Ampuh Atasi Kebocoran Rumah

Atap bocor merupakan salah satu masalah tersendiri yang cukup merepotkan. Kerusakan atap yang diakibatkan oleh kesalahan kerja ataupun kerusakan yang diakibatkan oleh usia atap yang sudah lama. Masalah kebocoran pastinya dikeluhkan oleh banyak orang, baik yang skala kecil maupun skala besar. Tak jarang, bagian rumah lain juga turut terkena imbasnya, seperti meninggalkan noda pada dinding.

Untuk itu, agar kebocoran tidak berlangsung lama dan semakin parah, maka disarankan untuk segera memperbaiki atap. Salah satunya seperti dengan memperbaiki dalam pemasangan atap. Berikut ini terdapat beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu:

  • Cermati Sudut Kemiringan Atap,

Kemiringan atap merupakan salah satu hal penting yang wajib diperhatikan bila tidak ingin mengalami kebocoran atap. Sudut yang ideal pada atap ialah kemiringan sekitar 30 derajat. Sudut kemiringan tersebut akan membuat air cepat mengalir ke tanah dan juga pas untuk hampir setiap jenis genteng.

  • Minimalkan Sambungan Atap,

Kebocoran juga dapat disebabkan oleh sambungan, oleh karena itu minimalkan pemakaian sambungan antara atap seperti nok dan jurai. Selain itu model atap bertumpuk juga perlu dihindari, walaupun secara estetik bagu namun atap model tersebut memiliki potensi kebocoran pada tiap pertemuan atap. Model atap yang ideal untuk meminimalisir kebocoran ialah model atap pelana.

  • Pilih Genteng Berkualitas,

Kebocoran juga dapat disebabkan oleh kualitas genteng yang tidak baik. Oleh sebab itu, pilihlah genteng dengan kualitas tinggi yang tidak mudah retak yang menyebabkan air rembes ke bawah. Penutup atap yang memiliki kualitas baik biasanya memiliki ciri tidak memiliki celah saat pemasangan.  Beberapa material genteng yang baik yaitu seperti keramik atau tanah liat, metal, PVC, beton, dll.

  • Pasang Talang dengan Tepat,

Talang merupakan bagian atap yang tidak boleh disepelekan. Talang merupakan bagian talang yang berfungsi untuk mengarahkan turunnya air hujan yang berasal dari genteng. Pilihlah talang dengan ukuan dan kekuatan yang tepat. Dalam pemasangannya, tak lupa untuk memberikan kemiringan kurang lebih 2 – 4 cm. Hal ini bertujuan agar air langsung mengalir tanpa ada sisa air yang tergenang di talang. Terlebih bila talang tersebut terbuat dari beton, maka semakin lama air tergenang di dak talang makan akan mempercepat kerusakan talang tersebut.

  • Perhatikan Ketinggian Nok,

Nok atau yang lebih dikenal dengan bubungan sebaiknya tidak dipasang terlalu tinggi. Maksimal pemasangan ialah 2-3 cm dari genteng. Sebab hal ini akan menimbulkan celah yang dapat mengundang air masuk. Pengerjaannya juga harus rapi dan menggunakan bahan yang tidak mudah retak disebabkan oleh cuaca. Cara ini dapat membuat atap menjadi lebih rapi dan bersih.

  • Pasang Material Pelapis,

Untuk meminimalisir kebocoran, maka ada baiknya untuk memberikan material pelapis seperti karet talang pada bagian yang rawan bocor, seperti pada jurai serta pertemuan antara genteng dan atap. Dalam pemasangannya pun jangan sampai melewati permukaan luar karena akan mengurangi kerapian pada atap.

  • Pakai Waterproofing,

Terakhir ialah jangan lupa untuk mengaplikasikan cat waterproofing pada setiap sambungan atap, hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi retak rambut. Waterproofing merupakan bahan pelapis yang kedap air sehingga dapat mencegah terjadinya kebocoran. Aplikasi waterproofing juga dapat dilakukan dengan menggunakan kuas, roller ataupun spray. Pastikan pelapisan dilakukan dengan rata dan berlapis. Lapisan pertama yaitu berupa waterproofing yang dicampurkan dengan air, hal ini bertujuan agar menyatu dengan permukaan yang dilapisinya. Kemudian hal tersebut diulangi lagi minimal satu kali dengan tetap mengulang arah lapisannya secara berlawanan agar kedua lapisan saing menganyam. Bila daerah tersebut berisiko mengalami kebocoran maka lapisi dengan menggunakan serat fiber.

Demikianlah beberapa hal yang dapat anda perhatikan agar atap rumah anda tidak mengalami kebocoran. Semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk anda, bila anda mengalami kesulitan dalam pengerjaanya maka kami akan siap untuk mengerjakan yang terbaik untuk anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *